Nilai Tertinggi UN Didominasi SMAN 5 dan SMKN 1

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pengumuman kelulusan jenjang SMA/MA/SMK sederajat sudah dilakukan Selasa (2/5), sekitar pukul 14.00 WIB lalu, serentak se-Provinsi Bengkulu. Berdasarkan jumlah nilai siswa ujian nasional SMA/MA se-Provinsi Bengkulu, diketahui SMAN 5 Kota Bengkulu menduduki peringkat terbaik se-Provinsi Bengkulu. Disusul SMKN 1 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa terbanyak masuk 10 besar nilai terbaik UN tahun ini.

Berdasarkan data dilansir dari panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu, hasil ujian nasional mayoritas didominasi dari sekolah pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sehingga integeritas kejujuran tertinggi menjadi salah satu daya ukur kemampuan siswa dalam mengikuti ujian.

Dilihat dari rata-rata jumlah nilai ujian nasional, tertinggi SMA jurusan IPA adalah (76.56) diraih SMAN 5 Kota Bengkulu dan menduduki peringkat pertama se-Provinsi Bengkulu.

Peringkat kedua ditempati SMAN 1 Bengkulu Selatan dengan rata-rata nilai (66.85), posisi ketiga diuduki SMAN 1 Rejang Lebong (65.30) dan SMAN 2 Bengkulu harus puas diposisi empat (64.93) (lihat grafis). Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial nilai rata-rata tertinggi masih diraih SMAN 5 Bengkulu (65.90), SMAN 2 Bengkulu naik diposisi ke dua (62.61), posisi ketuga diduduki SMAN 1 Rejang Lebong (59.540), posisi ke empat diraih 4. SMAN 7 Bengkulu (57.40).

Sementara Jurusan Bahasa nila rata-rata UN tertinggi diraih SMAN 4 Bengkulu, dan posisi kedua SMAN 2 Rejang Lebong dan posisi ketiga di raih MAN 1 Bengkulu. Sementara untuk jenjang SMK, jumlah nilai UN tertinggi didominasi sekolah swasta,nilai tertinggi diraih SMKS 16 Farmasi Bengkulu (200,92). SMKS 16 Farmasi mampu mempertahankan prestasinya selama dua tahun terakhir, posisi kedua diraih SMKS 18 Al-Yasir (198,15), dan posisi ketiga di SMKS 21 Qawiy Shabab (197,74). Sementara SMKN 1 Bengkulu hanya mampu berada di posisi 4.

Selanjutnya, dari empat mata pelajaran yang diujikan, selain adanya siswa yang berhasil meraih nilai sempurna (100) atasnama Diky Rachman mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sastra dari SMAN 4 Bengkulu, kemudian peraih nilai sempurna juga diraih Febridilla Nurul Masyita dari mata pelajaran Biologi, Muhammad Aditya Wana Putra mata pelajaran Kimia dan Annisa Rahma Safhira dari Mata Pelajaran Matematika, ketiga siswa tersebut berasal dari SMAN 5 Bengkulu. Sedangkan untuk Bahasa Inggris kosong.

Jumlah nilai unas tertinggi jenjang SMA jurusan IPA sepuluh besar disapu bersih pelajar asal SMAN 5 Bengkulu, nilai UN tertinggi Raihan Abdillah Priyadi yang berhasil mengumpulkan total nilai (376.00), disusul Annisa Rahma Saphira (372.00) serta Muhammad Adhitya Wana Putra (368.50).

Siswa peraih nilai tertinggi jurusan IPS masih didominasi SMAN 5 Bengkulu, sedikitnya ada empat siswa masuk

sepuluh besar, namun nilai tertinggi diraih dari siswa di kabupaten yaitu Karina Dwi Fortuna dengan berhasil mengumpulkan total nilai (346.00) asal SMAN 1 Rejang Lebong, posisi kedua diraih Syakina Mardayanti (338.00) SMAN 2 Bengkulu dan posisi ketiga diraih Assyfa Meilyandra Panca Putri (334.00) SMAN 5 Bengkulu (LIHAT GRAFIS).

Walau harus puas di posisi empat, secara nilai rata-rata siswa siswi SMK 1 Bengkulu berhasil merebut tujuh posisi dalam 10 besar nilai tertinggi se-Provinsi Bengkulu. Nilai UN tertinggi jenjang SMKN I Bengkulu, diraih Alvin Amartya Azro siswa jurusan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ), dengan total nilai (323.50 ) rincianya Bagasa Indonesia (84.00) Bahasa Inggris (72.00), matematika (82.50), dan Kompetisi (85.00) , posisi kedua diraih Aldy Pranata yang juga dari jurusan TKJ, dengan total nilai hanya berpaut 1,5 point yaitu bahasa Indonesia (90.00) Bahasa Inggris (86.00) Matematika (55.00) dan kompetensi (90.00), posisi tiga diraih Havis Septianzah degan total nilai (312.00) rincian nilai Bahasa Indonesia (74.00), Bahasa Inggris (88.00) Matematika (80.00) Kompetensi kejuran (70.00) dari SMKS 5 Curup (LIHAT GRAFIS)

SMK UN tertinggi SMK

Sementara itu kepala SMAN 5 Kota Bengkulu, Dra. Hj Darmawati M.Pd saat dikonfirmasi mengaku sangat bersyukur, apalagi prestasi perolehan nilai Ujian Nasional tertinggi sudah lima tahun berturut-turut dipertahankan. Prestasi ini mengulang beberapa tahun yang lalu, dimana perolehan nilai tertinggi bukan hanya jurusan IPA saja, juga jurusan IPS. “Saya sangat bersyukur, sudah lima tahun berturut-turut SMAN 5 masih mempertahankan prestasinya, ” ungkapnya saat dihubungi via telpon, kemarin.

Dikatakanya, pretasi itu diperoleh tidak secara instan, perlu kerja keras dan dukungan semua pihak termasuk komite yang telah memfasilitasi sekolah dalam pelaksanaan UNBK. Ia berharap pemerintah memberikan perhatian bagi anak didiknya, dengan cara memberikan reward, sehingga para siswa akan terus termotivasi untuk belajar lebih baik lagi.

“Prestasi ini tidak instan, perlu kerja keras dan sekolah memiliki tanggungjawab untuk memberikan yang terbaik baik segi akademik maupun non akademik, ” katanya.

Hal yang sama diungkapkan wakil kurikulum SMKS 16 Farmasi Bengkulu, Endang Retno belum mengetahui informasi sekolahnya menduduki posisi terbaik se-provinsi Bengkulu. ” Alhamdulillah, jika tahun ini kita kembali meraih nilai UN tertinggi, ” ungkapnya.

Itu berarti SMKS 16 Farmasi Bengkulu sudah dua kali berturut-turut berhasil mempertahankan predikat terbaik nilai UN. Ada beberapa kiat yang kita terapkan untuk bisa mempertahankan prestasi tersebut, mulai pembuatan program latihan pembahasan soal khusus ujian nasional pada siswa, dan latihan tersebut terkosentrasi selama satu bulan sebelum ujian berlangsung. “Kita berikan materi belajar tambahan dan lebih diintensifkan, satu bulan bahas soal mata pelajaran yang di ujikan saja, alhamdulillah beberapa nilai mata pelajaran mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, ” tukasnya.

Sekolahnya pun telah memberikan reward bagi siswa peraih nilai tertinggi, reward yang diberikan itu berupa uang tujuanya untuk mengsuport siswa lain agar lebih baik lagi. Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu, Dra. Hj Evriza M.Pd saat dikonfirmasi menuturkan walau belum menjadi yang terbaik provinsi, namun ia sangat bersyukur dari rata-rata nilai UN mayoritas diperoleh siswa/siswi SMKN 1 Kota Bengkulu. Ini prestasi luar biasa bagi sekolah, upaya dan kerja keras dewan guru dan komite agar pelaksanaan pendidikan di sekolah membuahkan hasil. “Kami belum dapat informasi itu, jika benar ya alhamdulillah dan patut disyukuri karena siswa/siswi kita masuk 10 besar nilai UN terbaik se-provinsi,” cetusnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu, melalui ketua panitia Ujian Nasional R. Wahyu DP menuturkan, para siswa yang telah berjuang memperoleh nilai terbaik akan diapresiasi, untuk penghargaan atau reward untuk siswa peraih UN tertinggi, wahyu belum berani mengungkapkannya. Alasannya masih harus melihat anggaran terlebih dahulu. “Kita lihat dulu apakah ada anggarannya atau tidak, namun kita akan upayakan memberikan reward pada mereka yang memiliki nilai terbaik, apa bentuknya belum diketahui, ” cetusnya.

Pada pelaksanaan UN tahun ini, wahyu cukup bangga dengan pelaksanaan UNBK yang telah berlangsung, walau belum bisa dilaksanakan seratus persen di sekolah, namun hasil UNBK bagus, dan hasil tersebut sebagai pemetaan serta melihat tingkat kejujuran siswa.

Hanya saja sampai saat ini Dinas Dikbud Bengkulu belum menerima rilis Indek nilai kejujuran yang dirilis dari pusat seperti tahun-tahun sebelumnya. “Dengan UNBK diyakini siswa/siswi telah jujur, sehingga Indek kejujuran sampai sekarang belum menerima rilis dari pusat, ” jelasnya. Namun ia yakin, tingginya nilai siswa dalam UNBK sudah menunjukkan kejujuran dan kualitas pendidikan yang cukup baik. (247)