Nilai Impor Komoditi Bengkulu Naik 537%

data-statistik1
Foto ; IST

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Nilai Impor Komoditi Provinsi Bengkulu, naik 537 persen dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut terungkap dari rilis Berita Resmi Statistik ( BRS) Provinsi Bengkulu mengenai Indeks Harga Konsumen (IHK)/ Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP), Tingkat Penghuni Kamar (TPK) Hotel Berbintang, statistik Transportasi, Perkembangan Statistik Ekspor dan Impor serta statistik industri besar sedang, yanh digelar di aula Kantor BPS Provinsi Bengkulu, Rabu (1/7).

“Jika dihitung secara YoY (years over years) maka nilai Impor komoditi Provinsi Bengkulu melesat jauh dari tahun sebelumnya,” tukas Kepala BPS Bengkulu Diah Anugerah Kuswardani MA kepada Bengkuluekspress.com, Rabu (1/8).

Jenis Komoditi yang diimpor melalui Pelabuhan Pulau Baai Provinsi Bengkulu, yakni peralatan konstruksi dari Tiongkok, aspal dari Malaysia, dan barang lainnya dari Singapura, Tiongkok dan Jepang.

Nilai impor Juni 2018 mencapai 10,31 juta dolar AS yang meningkat drastis pada Juni 2017, yang hanya 1,62 juta dolar AS.

Diah menerangkan, nilai impor komoditi jika dihitung secara MoM (Month over Month) mengalami kenaikan sebesar 98,08% pada Juni 2018, dibandingkan Mei 2018. Dengan nilai impor sebesar 5,21 Juta dolar AS pada Mei dan 10,31 juta dolar AS pada Juni 2018.

“Meski mengalami peningkatan, nilai impor masih dibawah ekspor, jadi masih bagus,” tutupnya. (HBN)