Nikmatnya Sambal Tomat Ayam Geprek Pondok Pedas

M. NAINI/BE – Pemilik kedai Ayam Geprek Pondok Pedas saat menyiapkan ayam geprek untuk pelanggan, Selasa, (14/01).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kedai Ayam Geprek Pondok Pedas beralamat di Jalan RE Martadinata, Pagar Dewa, Kota Bengkulu begitu istimewa, berbeda dari ayam geprek pada umumnya.

Bila kebanyakan ayam geprek menggunakan sambal cabai saja, Ayam Geprek Pondok Pedas justru menggunakan sambal tomat yang rasanya sangat nikmat sebagai andalannya.

“Saya memilih sambal yang berbahan cabai bercampurkan tomat, karena yang saya tahu ayam geprek lainnya hanya menggunakan cabai saja untuk sambalnya,” ungkap penjual Ayam Geprek Pondok Pedas, Susanto (34), saat ditemui BE, Selasa (14/01).

Pemilik kedai ini memilih sambal tomat menjadi andalannya, karena pernah memiliki pengalaman bekerja di Jakarta. Selama di Jakarta dia berkerja di bidang kuliner yang menjual makanan berbahan ayam, dengan sambalnya pedas menggunakan tomat. Makanya saat membuka kedai ayam geprek di Bengkulu, ia menggunakan sambal tomat sebagai menu andalannya.

Dalam proses pembuatan sambal tomat ini, Susanto menggunakan tomat yang bagus dan segar. Bahan yang ditambahkan dalam pembuatan sambal tomat ini ada bawang putih, bawang merah, garam secukupnya, serta menggunakan cabai setan. Cabainya digoreng terlebih dahulu setelah digoreng cabainya diulek bersamaan dengan tomat,bawang putih, bawang merah dan garam secukupnya.

”Sambal yang kami buat ini rasanya tetap pedas, tetapi rasa tomatnya lebih dominan. Jadi sambalnya terasa nikmat pas dilidah,” ucapnya.

Sambal itu disajikan dalam setiap menu ayam geprek yang dipesan pembeli. Dalam seporsi Ayam Geprek Pondok Pedas tersaji ada nasi, sepotong ayam krispy, tempe dan tahu goreng, sayur urap, serta dua potong timun. Nah sambalnya disiramkan di atas potongan ayam. ”Untuk per porsi ayam geprek kami menjual Rp 10 ribu,” ucapnya.

Selain ayam geprek di kedai ini juga tersedia menu lainnya, seperti Lele goreng, Nila goreng. Ada juga beberapa menu tambahan berupan nasi putih, telor dadar, telor ceplok dan urap.
Untuk melengkapi nikmanya pembeli menyantap ayam geprek, kedai ini pun menyediakan berbagai jenis minuman, seperti jeruk dingin atau panas, es teh manis, teh susu, es teh susu, teh tarik dan Milo panas/dingin. Minuman itu dijual dengan harga Rp 3 ribu sampai Rp 7 ribu.
”Ayo datang ke kedai kami untuk merasakan nikmatnya Ayam Geprek Pondok Pedas. Kami buka mulai dari pukul 08.30 WIB sampai 17.00 WIB,” ajak Susanto seraya berpromosi.(Mg9)