Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Provinsi Bengkulu siap menerapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Hal tersebut disebabkan, sejak tanggal 2-9 Juni 2020 daerah ini nihil tambahan kasus positif virus korona atau Covid-19. Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan SE MM mengatakan, hingga saat ini belum ada tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19. Sementara untuk kasus sembuh di Bengkulu masih sama yaitu sebanyak 41 orang, dari total kasus positif 92 orang. Sedangkan, 7 kasus konfirmasi masih dirawat, 40 orang menjalani isolasi mandiri dan dalam pengawasan, dan 4 orang meninggal dunia.

“Dapat kita laporkan pada hari ini tidak ada tambahan kasus konfirmasi covid-19,” kata Jaduliwan, Selasa (9/6).

Meskipun tidak ada tambahan kasus konfirmasi positif, Jaduliwan mengaku, ada penambahan 3 kasus reaktif Covid-19. Mereka berasal dari Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan. Kasus reaktif dari Kota Bengkulu yaitu berinisial OS (38) dan MN (52). Dimana OS sudah dilakukan pengambilan swab, sementara MN baru akan diambil swab. Saat ini mereka berdua melaksanakan isolasi mandiri dan berstatus OTG.

“Lalu, kasus reaktif lainnya yaitu JO berusia 58 tahun dan sudah dilaksanakan pengambilan swab dan menunggu hasil. Saat ini dirawat di RSUD Manna Bengkulu Selatan dan berstatus PDP,” ujar Jaduliwan.

Ia menambahkan, secara keseluruhan total rapid test yang sudah dilakukan ada sebanyak 10.328 orang dengan rincian 10.328 orang dinyatakan unreaktif dan 166 orang reaktif. Sementara sampel swab yang telah diperiksa di laboratorium saat ini mencapai 1.327 sampel, 92 diantaranya positif, 121 sampel proses pemeriksaan.

“Total rapid test yang sudah kita lakukan mencapai 10 ribu lebih dan swab test sudah mencapai seribu lebih,” tuturnya.

Disisi lain, Jaduliwan menyampaikan, perkembangan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Bengkulu, secara keseluruhan sebanyak 823 orang, 732 selesai pemantauan, 91 masih dalam pemantauan. Kemudian, kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjut Jaduliwan, sebanyak 66 orang, 12 dinyatakan sehat, 7 menjadi konfirmasi, 27 proses pengawasan/dirawat, 20 PDP meninggal dunia, dan tambahan PDP yang dilaporkan sebanyak 3 orang yaitu dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Mukomuko, dan Kota Bengkulu.

“Kita berharap jumlah ODP dan PDP kita bisa berkurang dari hari ke hari dan tidak ada tambahan kasus positif juga,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni SKM MKes mengatakan, sangat berharap jumlah kasus positif Covid-19 di Bengkulu tidak ada penambahan. Dengan begitu, daerah ini bisa bebas dari Covid-19.

“Kita sangat berharap daerah ini bebas dari Covid-19, semua itu bisa terwujud asalkan masyarakat disiplin dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tutupnya.(999)