New Normal, Pasar Ditata

ASRI/BE
PANTAU: Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE MM, sedang memantau penataan Pasat Tradisional Ampera, Minggu (31/5).

KOTA MANNA, Bengkuluekspress.com – Dengan adanya rencana penerapan New Normal dimasa pandemi Covid-19, Pemda Bengkulu Selatan (BS) melakukan penataan terhadap pasar di BS, terutama Pasar Ampera dan Kutau. “Untuk penataan pasar sesuai dengan Protokol Kesehatan, kata Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM, saat memantau Pasar Ampera, Minggu (31/5).

Dikatakan Gusnan dengan adanya penerapan new normal ini, maka pasar yang merupakan pusat perekonomian warga BS harus ditata, sehingga tidak ada diantara pedagang dan pembeli serta pengunjung pasar yang tertular Covid-19. “Antar sesama pedagang dapat menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan pedagang lainnya,” ujar Gusnan.

Tidak hanya itu, sambung Gusnan, para pedagang dapat selalu memakai masker serta menyediakan tempat cuci tangan. Begitu juga dengan pembeli harus selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan para pembeli lainnya serta menghindari kerumunan. “Jika kita semua disiplin, saya yakin kita semua terhindar dari penyakit Covid-19,” harap Gusnan.

Ditambahkan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah BS, Herman Sunarya SH MH, adanya penataan ini agar pedagang dan pembeli dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu dirinya berharap para pedagang dan pembeli di pasar dapat mematuhinya, sehingga jika nanti ada pedagang yang bandel, maka pedagang tersebut akan disanksi.

“Jika ada pedagang tidak mau menerapkan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan saat new normal, maka pedagang tersebut dilarang berjualan di pasar,” ujar Herman. (369)