New Normal, Pariwisata di Bengkulu Siap Bangkit

Foto Hendrik/ BE – Salah satu icon pariwisata yang ada di Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Asosiasi pariwisata di Bengkulu sepakat menerapkan protokol kesehatan era New Normal guna memulihkan kunjungan wisatawan di daerah itu. Kesepakatan itu diambil saat rapat bersama antara Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu bersama Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Kita semua sepakat bahwa new normal ini harus segera disikapi bersama karena pariwisata di Bengkulu harus kembali bangkit dan beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 ini,” ujar Ketua ASPPI Bengkulu Krisna Gamawan, Kamis (11/6).

Krisna menjelaskan, beberapa manajemen perhotelan di Bengkulu bahkan lebih dulu menerapkan protokol kesehatan era normal baru atau new normal. Seperti halnya menyediakan alat pemeriksaan suhu tubuh, fasilitas cuci tangan dan mewajibkan setiap tamu yang datang menggunakan masker.

Saat ini, lanjut Krisna, beberapa asosiasi pariwisata di Bengkulu tengah menyusun Standard Operasional Prosedur (SOP) bagi pemandu wisata yang didasari pada protokol kesehatan.

“Misalnya, pemandu wisata harus mengingatkan tentang jaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan, jadi semuanya harus patuh dengan protokol itu,” paparnya.

Mmulihkan kembali kunjungan wisatawan ditengah pandemi Covid-19 ini, sambung Krisna bukanlah hal yang mudah. Karena itu dibutuhkan kolaborasi antara asosiasi penyedia jasa pariwisata dan pemerintah daerah setempat.

Masih kata Krisna, setelah penetapan kondisi darurat Covid-19 pada Maret lalu, seluruh penyedia jasa pariwisata di Bengkulu tutup dan tidak lagi melayani wisatawan. Selain itu, akses transportasi baik melalui jalur darat dan udara juga dibatasi, hal ini menyebabkan kunjungan wisata di Bengkulu terhenti.

“Dalam waktu dekat Balai Pelestarian Cagar Budaya di Jambi sudah mulai mengizinkan tempat wisata seperti Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno akan segera dibuka lagi,” tutupnya. (HBN)