Nenek Tewas Gantung Diri

jenazah_mayat_indah-large
Foto : IST

PINO RAYA, Bengkulu Ekspress – Tragis yang dialami oleh Sinah (80) warga Dusun Kurawan Desa Tanggo Raso. Ia nekat mengakhiri hidupnya dengan cara menggenaskan. Korban ditemukan tewas tergantung di salah satu tiang di dalam lumbung padinya pukul 09.30 WIB, kemarin. Peristiwa itu terjadi saat rumah sedang sepi. Korban yang hanya seorang diri itu, tinggal bersama keponakannya Idah (53).

Menurut keterangan Idah yang merupakan saksi pertama yang melihat nenek Sinah tergantung, saat itu ia dan anggota keluarga lainnya sedang pergi. Suami Idah sedang pergi ke kebun yang tidak jauh dari rumahnya. Sementara anak-anak dan cucu Idah sedang pergi ke sekolah. Dan Idah sendiri pergi ke salah satu SD di Kecamatan Pino Raya untuk berjualan kue.

Menurut Idah, sebelum pergi, keadaan nenek Sinah sehat-sehat saja. Begitu juga disaat suami Idah yakni Paryono pergi ke kebun pada pukul 09.30 WIB, korban sedang tidur. Namun saat Idah pulang dari berjualan kue di sekolah, dia mendapati kalau korban sudah tidak ada lagi di tempat tidurnya. Lalu ia mencari dengan memanggil korban. Setelah lama mencari, tanpa sengaja Idah melihat keranjang tidak ada lagi ada talinya. Kemudian dia mulai curiga dan mencoba membuka pintu lumbung padi yang tertutup. Dirinya langsung menjerit dan minta tolong kepada warga sekitar karena saat pintu lumbung padi dibuka, dia mendapati kalau nenek Sinah sudah terbujur kaku tergantung di salah satu tiang di dalam lumbung tersebut.

Mendapati teriakan Idah, dalam waktu singkat warga sudah ramai memenuhi lokasi kejadian dan dengan dibantu aparat kepolisian, warga menurunkan korban dengan memotong tali pengikat leher korban. Saat ditemukan, korban terikat lehernya dengan tali lantung sepanjang 48 Cm. Selanjutnya korban dikebumikan di pemakaman Desa Tanggo Raso pada pukul 13.30 WIB kemarin.

Kapolres BS AKBP Drs Jauhari melalui Kapolsek Pino Raya AKP Marsi Yamat membenarkan kalau ada salah satu warganya yang tewas dengan cara gantung diri. Menurutnya dari hasil olah TKP sementara, didapatkan keterangan kalau penyebab tewasnya korban murni karena gantung diri. Karena tidak ditemukan luka atau memar di sekujur tubuh korban akibat benda tumpul.

”Untuk sementara ini penyebabkan kematian korban murni akibat dari gantung diri, hanya saja motif yang menyebabkan korban gantung diri masih diselidiki,” terangnya. (369)