Nelayan Siap Ganti Alat Tangkap

Sebelum ditertibkan . Pemerintah terlebih dahulu harus mengganti alat tangkap nelayan
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Sebanyak sekitar 137 nelayan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko diduga masih menggunakan alat tangkap trawl.Sebanyak 33 nelayan telah menyatakan siap untuk mengganti alat tangkap tersebut dengan alat tangkap ramah lingkungan.

“Data yang kita terima, sebanyak 33 nelayan di Kecamatan Teramang Jaya siap mengganti alat tangkapnya dan akan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan,” ujar Kepala Bidang Perikanan DKP Kabupaten Mukomuko, Nasy Yardi.

Menurutnya, puluhan nelayan itu telah mengisi formulir usulan bantuan alat tangkap ramah lingkungan untuk pengganti trawl. Meskipun puluhan nelayan tersebut telah bersedia mengganti alat tangkapnya sejak tahun 2019. Namun sampai saat ini nelayan tersebut belum menerima bantuan alat tangkap ramah lingkungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).“Kami belum mengetahui penyebabnya, sehingga nelayan setempat hingga saat ini belum menerima bantuan alat tangkap pengganti trawl dari KKP,” bebernya.

Ia juga mengatakan, pihaknya belum lama ini juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu untuk mempertanyakan proposal usulan bantuan alat tangkap ramah lingkungan untuk pengganti trawl.

”Berdasarkan keterangan dari DKP Provinsi Bengkulu, proposal usulan bantuan alat tangkap ramah lingkungan untuk pengganti trawl dari daerah ini masih dalam proses di tingkat provinsi. DKP Mukomuko juga diminta agar kembali menyiapkan data nelayan yang masih menggunakan alat tangkap trawl dan diharapkan dapat diganti secara keseluruhan dengan alat tangkap ramah lingkungan,”lanjut Nasy Yardi.(900)