Nelayan Dilatih

Foto ; IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan, Sumatera Utara akan melatih sejumlah nelayan dari Kabupaten Mukomuko. Direncanakan pelatihan berlangsung pada tanggal 4 hingga 8 September 2018 mendatang.

“Untuk kali ini, sebanyak lima nelayan akan mendapatkan pelatihan dan langsung mengikuti di BPPP, Medan,” sampai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto melalui Kabid Perikanan Tangkap, Nasyyardi.

Ia menyebutkan, sebanyak lima orang nelayan itu merupakan perwakilan masing-masing kelompok usaha bersama (KUB) nelayan dari tiga desa, yakni Desa Medan Jaya, Pasar Ipuh dan Air Buluh.



“Materi pelatihan yang akan didapat nelayan berupa pembuatan alat tangkap ikan jenis Gill Net,”ujarnya.

Selain itu, kata Nasy, perwakilan nelayan itu juga nantinya akan mendapatkan pelatihan tentang cara perawatan alat tangkap Gill Net. Tujuan pelatihan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman pembuatan serta perawatan alat tangkap Gill Net. Menurutnya, BPPP Medan yang punya program tersebut dan DKP Mukomuko diminta untuk menyiapkan nelayan untuk menjadi peserta pelatihan yang akan segera digelar tersebut.

”Harapan kita nelayan yang mendapatkan pelatihan itu nantinya dapat melanjutkan pengetahuannya kepada nelayan lainnya. Ini tidak lain untuk lebih memberikan pengetahuan nelayan yang ada di Kabupaten Mukomuko,”lanjut Nasy.(900)