Nelayan Diberi Freezer

Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress. Sembilan unit freezer bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan akan segera disalurkan kepada 3 kelompok nelayan di Kecamatan Pondok Kelapa, Benteng.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 3 (tiga) kelompok nelayan yang ada di Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan mendapatkan bantuan berupa 9 unit freezer atau mesin pembeku dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kasi Pembenihan dan Peningkatan Mutu Perikanan Bidang Budidaya Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Benteng, Herlina Jamali SPI mengatakan, bantuan tersebut berawal dari ajuan dari kelompok nelayan pengolahan dan pemasaran yang masuk ke DKPP awal tahun.  Pihaknya pun melayangkan surat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Dari kelompok nelayan mengajukan proposal ke kita sesuai apa yang mereka butuhkan. Kebetulan, dari pusat menyetujuinya,” ungkap Herlina.

Herlina mengaku pembagian bantuan tersebut masih menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis). Selain itu menyiapkan berkas serta berita acara penyerahan.

“Kita usahakan dalam waktu dekat akan dibagikan kepada nelayan untuk segera dimanfaatkan,” imbuhnya.

Menurut dia, dengan adanya bantuan freezer itu akan membantu nelayan dalam menyimpan tangkapan ikan agar lebih tahan lama. Dibandingkan selama ini, mengawetkan ikan hanya dengan menggunakan batu es yang sifatnya sementara.

“Kalau pakai es batu hanya tahan beberapa jam saja. Kalau ada freezer ini tentu nelayan akan terbantu. Diharapkan ke depan penjualan ikan akan semakin meningkat,” pungkas Herlina.(135)