Naymar Samai Pele

Penyerang Brasil, Neymar,  meraih penghargaan hors concours, yang merupakan penghargaan tertinggi di Brasil, yaitu ‘hors concours’ atau pemain yang tak ada tandingannya. Sebelumnya, penghargaan itu diraih oleh Pele, pada 1970.

Penghargaan itu diberikan oleh Ronaldinho. “Kami betul-betul hors concours. Dalam bahasa sepak bola, kamu mengendarai sepeda motor, sementara yang lain mengendarai sepeda,” ujar Ronaldinho.

Neymar menerima penghargaan itu salah satunya karena mencetak 42 gol dalam 47 penampilan bersama Santos musim ini. Ia pun menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang 2012 ini (Chuteira de Ouro) dengan 56 gol.

“Aku tak punya kata-kata untuk menggambarkan betapa gembiranya aku menerima penghargaan ini. Aku hanya bisa mengatakan terima kasih. Mendapatkan penghargaan ini dari tangan idolaku merupakan sebuah alasan untuk menjadi sangat bangga,” aku Neymar.

Neymar menerima penghargaan itu dalam acara penghargaan Bola de Prata, yang merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada pemain-pemain terbaik Brasil sepanjang Brasileiro 2012.(**)