Naskah Soal UNKP Nginap di Kantor Pos

Pendistribusian soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, pada 2017.
Pendistribusian soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, pada 2017.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Naskah soal Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA,sudah tiba di Bengkulu, Rabu (21/3), sekitar pukul 18.30 WIB. Belum siapnya segi keamanan dan terjaganya kerahasiaan soal, membuat truk yang memuat soal UNKP terpaksa diinapkan dulu di PT Kantor Pos hingga beberapa hari kedepan.

“Naskah soal sudah tiba Rabu malam (21/3), karena belum siap tenaga keamanan, terpaksa naskah soal berada di PT Pos. Rencana Kamis sore, baru diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, untuk dilakukan pembongkaran, namun ada beberapa pertimbangan akhirnya pembongkaran ditunda hingga minggu (25/3),” kata Kadis Dikbud Drs Budiman Ismaun MPd melalui Ketua Panitia UN R Wahyu DP kepada Bengkulu Ekspress. Pantauan Bengkulu EkspressĀ di lokasi, sejumlah tukang angkut dan petugas keamanan, serta tim panitia ujian nasional (UN) telah bersiap menerima soal di sekretariat UN Dinas Dikbud Provinsi.

Meski demikian hingga pukul 16.00 WIB, tidak ada perkembangan pendistribusian naskah soal itu ke Dikbud. Hingga diputuskan pembongkaran soal dilakukan Minggu pagi. Mendapati putusan itu, panitia dan tukang angkut pun membubarkan diri.

Dikatakan Wahyu, protap pendistribusian soal dari percetakan ke daerah sama dengan tahun lalu, yaitu soal dikawal oleh polisi berseragam lengkap. Selanjutnya, petugas percetakan bersama-sama dengan layanan jasa menyerahkan ke Dinas Dikbud untuk selanjutnya disortir.

Dari dalam truk, naskah soal diturunkan tukang panggul untuk dipindahkan ke dalam gudang yang telah disiapkan pihak Dikbud, dan soal langsung disortir dengan pengawasan petugas keamanan.

“Walau naskah soal sudah ada di Bengkulu, namun belum diserahkan ke kita (Dikbud), dan keamanannya tetap menjadi tanggungjawab PT POS, serta percetakan,” cetusnya.
Tak disebutkan berapa jumlah naskah soal yang tiba. Namun naskah soal tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Karena pelaksanaan UNKP tahun ini hanya diikuti empat kabupaten, yaitu Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma dan Kaur, yang tersebar di 20 sekolah dan akan diikuti 1.562 siswa SMA, sedangkan sisanya 16.977 siswa SMA/SMK lainnya menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

”Pendistribusian naskah soal ke daerah baru akan dilaksanakan H-2 pelaksanaan Ujian Nasional jenjang SMA baru akan dilaksanakan pada 9 April mendatang,” tutupnya. (247)