Nasdem & PKIB-IB Terbanyak Perempuan

Rapat Pleno Terbuka Verifikasi Faktual Parpol oleh KPUD SEluma di Tais kemarinTAIS, BE – Dari hasil rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Seluma yang digelar kemarin (19/12), terdapat 2 parpol dengan susunan kepengurusan jauh melampai kuota perempuan. Yakni, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBI-IB). Selain itu terdapat juga beberapa parpol lainnya yang melampaui kuota perempuan, tapi sebagian lagi tak memenuhi kuota.

Dijelaskan anggota KPUD Seluma, Drs Supratman, Partai Nasdem terdapat 50 persen pengurusnya adalah perempuan. Sedangkan PKB-IB kuota perempuan terlampaui sampai 40 persen lebih. Selain itu PKPB, PPN dan PKS masing-masing pengurus perempuannya sebanyak 40 persen, 40 persen dan 33 persen. Menurut Supratman, sejumlah parpol dari 14 parpol yaang diverifikasi di Seluma yang tak memenuhi kuota perempuan diberikan kesempatan untuk melengkapi berkas kemabali.

Berkas tersebut, yakni hanya dengan mengisi F 13 yang isinya pernyataan tidak bisa memenuhi kuota perempuan karena tidak ada lagi perempuan yang mau ikut politik. ”Kita memberikan kesempatan melengkapi berkas ini sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ada. Parpol-parpol yang tidak memenuhi kuota perempuan itu, harus mengisi Form 13 dalam ketentuannya,” katanya.

Sementara itu, dari 14 parpol yang ikut verifikasi, satu Parpol yang sudah dinyatakan lengkap berkas dan memenuhi syarat. Parpol tersebut, yakni PKS. Sehingga PKS tak mengikuti lagi dilakukanverifikasi tahap dua, dan langsung dilakukan verifikasi faktual. (444)