Nasdem 3 Kandidat, Perindo 1 Kandidat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Persaingan untuk mendapatkan dukungan partai politik (parpol) dalam melaju sebagai kandidat bakal calon gubernur bakal berat. Pasalnya, sejumlah parpol hanya akan merekomendasikan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang telah mendaftar, tidak lebih dari tiga kandidat untuk diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Seperti dari Partai Nasdem, hanya akan mengirimkan tiga kandidat ke DPP, untuk ditetapkan 1 kandidat balon gubernur Bengkulu nantinya.

“Dari balon kandidat yang sudah menyerahkan formulir pendaftarakan, akan kita plenokan terlebih dahulu dalam menentukan tiga kandidat yang diusulkan ke DPP,” terang Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub DPW Partai NasDem Provinsi Bengkulu, Anggi Ponanda kepada BE, kemarin (3/11).

Dijelaskannya, di DPW Nasdem yang sudah mengembalikan berkas pendaftaran ada 9 balon gubernur dan wagub. Yaitu 7 balon gubernur seperti Imron Rosyadi, Rohidin Mersyah, Agusrin M Najamudin, Hijazi, Alfian Toni, Izda Putra dan Rio Capella. Lalu ada dua balon wagub yaitu, Leni John Latief dan Erna Sari Dewi. “Ada satu balon gubernur yang tidak kembalikan berkas yaitu Rosjonsyah,” tambahnya.

Anggi menegaskan, tiga kandidat yang akan diusulkan ke DPP itu nantinya tidak berpasangan. Sebab, jika balon gubernur sudah ditetapkan satu orang oleh DPP, maka balon tersebut yang akan mencari pendamping. “Balon gubernur yang akan mencari pendamping sendiri,” paparnya.

Pleno itu akan digelar pada tanggal 5 November mendatang. Tidak hanya untuk balon gubernur dan wakil gubernur, tapi untuk balon bupati dan wakil bupati akan diputuskan secara bersama-sama. Sehingga masing-masing tiga kandidat itu bisa dikirim serentak ke DPP Nasdem. “Ya nanti serentak pengiriman tiga kandidatnya,” ungkap Anggi.

Berbeda dengan Partai Perindo, nantinya DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, hanya akan mengusulkan satu pasangan calon (Paslo) kepala daerah ke DPP. Ketua Tim Penjaringan DPW Partai Perindo Provinsi, Drs. Gustianto mengatakan, pengusulan 1 Paslon itu juga berlaku pada Kabupaten yang menggelar Pilkada serentak tahun 2020.

“Sebagaimana mekanisme ataupun pentunjuk dari DPP, masa penjaringan yang kita lakukan berakhir Senin (4/11). Setelah masa penjaringan berakhir, barulah diketahui kandidat Cagub ataupun Cawagub mana saja mengembalikan berkas sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan,” ungkap Gustianto.

Dengan mengusulkan1 nama Paslon ke DPP, maka setelah diverikasi barulah dilakukan fit and proper test pada nama-nama kandidat yang berkasnya dinyatakan lengkap. “Dari tahapan ini nantinya kita tahu keseriusan kandidat, pasangan, termasuk parpol koalisi untuk menghadapi Pilkada serentak tahun depan,” terangnya.

Menurutnya, pengiriman 1 paslon itu merupakan petunjuk DPP yang memberikan kepercayaan pada pengurus tingkat Provinsi dan juga Kabupaten/Kota dalam menghadapi Pilkada serentak. “Dalam waktu dekat ini segera kita agendakan tahapan fit and proper test. Sehingga nantinya bisa dihasilkan 1 Paslon, dan dapat segera di-SK-kan oleh DPP,” papar Gustianto.

Sejauh ini yang sudah mendaftar ke DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu sebagai balon gubernur yaitu Agusrin M Najamudin, Rohidin Mersyah, Rio Capella, Rosjonsyah, Izda Putra, Bando Amin, Erna Sari Dwi, Lenny John Latief, Dadang Mishal dan Alfian Toni. (151)