Nama 2 Puskesmas Diubah

IST/Bengkulu Ekspress Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi beserta Kepala Dinkes Kota, Susilawaty dan jajaran foto bersama usai meresmikan pergantian nama Puskesmas Perawatan Muara Bangkahulu, kemarin (15/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Rencana Pemerintah Kota Bengkulu untuk melakukan perubahan nama 2 unit puskesmas akhirnya direalisasikan.  Kedua puskesmas itu adalah Puskesmas Basuki Rahmat menjadi Puskesmas Telaga Dewa dan Puskesmas Perawatan Ratu Agung menjadi Puskesmas Perawatan Muara Bangkahulu, kemarin (15/7).

Pergantian nama puskesmas tersebut diresmikan Wakil Walikota Dedy Wahyudi SE MM. Ia mengatakan bahwa selama ini puskesmas tersebut tidak ada kesesuaian antara nama dan tempatnya, maka dengan pergantian nama puskesmas ini nanti akan ada rasa memiliki karena sekarang nama puskesmas ini sama dengan nama kecamatan dan jalan di lingkungan puskesmas itu.

“Ke depannya Dinas Kesehatan Kota Bengkulu akan melakukan Kompetisi Inovasi Puskesmas yang terbaik akan mendapatkan reward,” kata Dedy usai meresmikan.

Ia juga meminta agar pergantian nama ini bisa dijadikan semangat baru untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan ia mengingatkan dalam melakukan penangganan pasien maka perawat atau dokternya wajib untuk melayani dengan ramah, penuh senyuman, serta merawat setulus hati, karena masyarakat yang nyaman dengan pelayanan tentu akan mendorong semangat warga yang sakit untuk cepat sembuh.

“Masing masing puskesmas akan dipasang nomor Kepala Dinas, Kepala Puskesmas, Kepala Perawat sehingga masyarakat yang memiliki keluhan tentang pelayanan bisa menghubungi langsung agar segera teratasi, sehingga visi misi kita untuk mewujudkan masyarakat bahagia dan religius bisa tercapai,” sampai Dedy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty MKes mengatakan pergantian nama puskesmas ini dipertimbangkan melalui pertemuan tingkat kecamatan yang melahirkan usulan pergantian nama dan surat keputusan Walikota Bengkulu Nomor 83 Tahun 2019 tentang perubahan nama Puskesmas Perawatan Ratu Agung menjadi Puskesmas Perawatan Muara Bangkahulu karena puskesmas ini terdapat di Kecamatan Muara Bangkahulu. Demikian juga halnya dengan Puskesmas Basuki Rahmat diubah nama menjadi Puskes Telaga Dewa karena berada di Jalan Telaga Dewa, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu.

Ia menambahkan tujuan perubahan nama ini untuk mempermudah masyarakat mengingat nama puskesmas sesuai dengan nama kecamatan. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat dengan mudah mencari akses puskesmas yang dituju.

“Pelayanan kesehatan yang ada di Kota Bengkulu terdapat 20 puskesmas, 1 laboratorium, 1 unit farmasi yang telah terakreditasi terbaik di Provinsi Bengkulu yaitu akreditasi utama untuk Puskesmas Jalan Gedang dan yang lain berakreditasi tingkat madya dan dasar,” ungkap Susilawaty.

Dia berharap dukungan dan persetujuan untuk diadakannya 1 unit maintenance center yaitu unit yang mewadahi kegiatan pemeliharaan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan.  “Itu salah satu yang kita butuhkan untuk dapat mencapai akreditasi paripurna,” harapnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*