Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Arga Makmur Ditutup Sementara dan 7 Rekannya Reaktif


APRIZAL/BE
Puskesmas Arga Makmur, mulai Rabu (4/11) menutup sementara pelayanan kesehatan

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kembali mengupdate perkembangan kasus Covid-19. Dimana terdapat 1 penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Arga Makmur. Dengan penambahan tersebut jumlah kasus positif Covid-19 di BU berjumlah 39 kasus. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) BU, Ujang Ismail SKM MPH pada press releasenya, Rabu (4/11).
“Penambahan satu orang ini perempuan berusia 33 tahun merupakan nakes di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Arga Makmur. Merupakan riwayat kontak erat dengan kasus pasien nomor 34, tidak ada keluhan dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Ujang.

Ujang pun menyampaikan, terkait dengan hal tersebut, pihaknya menutup sementara pelayanan Puskesmas Arga Makmur. Selain itu, pihak Tim Satgas Covid telah melakukan tracing kepada 7 orang nakes di Puskesmas Arga Makmur tersebut, dan hasilnya pun reaktif. Dengan adanya 7 tenaga kesehatan yang reakaktif tersebut, pihaknya juga melakukan pengambilan tes swab kepada seluruh tenaga kesehatan Puskesmas Arga Makmur yang berjumlah 47 orang.
“Dengan hasil tracing ada 7 tenaga kesehatan yang reaktif, maka hari ini kita melakukan pengambilan tes swab keseluruh tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut berjumlah 47 orang. Otomatis dengan hal ini pihak Dinkes mengambil kebijakan, untuk sementara pelayanan di Puskesmas Arga Makmur ditutup,” ungkapnya.

Sekretaris Dinkes BU, Nova Hendriani SKM MKes menjelaskan, bahwa pihaknya mengambil kebijakan tersebut, agar untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di masyarakat. Dengan diberhentikannya sementara pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut, pihaknya juga telah mengantispasi hal tersebut dengan mengalihkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas terdekat dalam hal ini Puskesmas Perumnas dalam melayani pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten BU.
“Kebijakan ini kita lakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Maka dari itu Puskesmas tersebut kita tutup sementara mulai hari ini hingga hasil swab ke-47 nakes tersebut keluar. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat agar tetap berjalan, kita telah mengalihkan ke Puskemas terdekat,” pungkasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*