Najamudin Pimpin Fraksi Gabungan

caleg
Foto : Ist

Pimpinan Definitif DPRD Tunggu SK DPP

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Beberapa minggu pasca dilantiknya 25 anggota DPRD di Kabupaten Kaur, baru fraksi gabungan serase sehijean yang telah menentukan Ketua Fraksi, yakni Najamudin SE dari PAN. Sedangkan dua fraksi mandiri yakni PDI Perjuangan dan Golkar belum menentukan sikap siapa yang akan ditetapkan sebagai ketua fraksi nantinya.

“Untuk pembentukan fraksi sudah, tapi dari tiga fraksi itu baru fraksi gabungan yang sudah menyodorkan nama ketuanya sedangkan dua fraksi lain belum ada,” kata Sekretaris DPRD Kabupaten Kaur, Alian Suhadi SPd, kemarin (9/9).

Dikatakannya, dengan belum adanya nama pimpinan fraksi dan juga nama nama unsur pimpinan yang disampaikan oleh Parpol membuat alat kelengkapan dewan (AKD) yang lainnya tak bisa dilakukan pembentukan. Beberapa AKD yang belum termasuk yakni komisi 1, 2 dan 3, selain itu Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Legislasi (Baleg) dan juga Badan Kehormatan (BK).“Untuk unsur pimpinan ketua Waka 1 dan Waka 2 definitif juga belum ada kita terima usulannya,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai dengan surat dari kemendagri nomor 160/8946/SJ tanggal 3 September beberapa hari yang lalu, mengenai penjelasan tugas sebagai pimpinan sementara ada 4 tugas pimpinan sementara DPRD yakni memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Dengan berdasarkan surat itu kita belum bisa melakukan pembentukan sejumlah tatib sehingga masih menunggu unsur pimpinan ditetapkan terlebih dahulu,” terangnya.

Ditambahkannya, terkait dengan proses penetapan unsur pimpinan diakuinya itu akan dilakukan setelah pihaknya menerima surat resmi dari pimpinan parpol atau keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), kemudian akan di gelar paripurna atau ketetapan dan setelah itu diusulkan ke Gubernur dan menunggu proses pelantikan serta penerbitan SK.

Saat ini DPRD masih menunggu surat resmi dari unsur pimpinan partai mulai dari ketua fraksi termasuk juga unsur pimpinan DPRD Kaur. “Mudah mudahan bulan ini juga semuanya rampung sehingga dapat secepatnya pula melakukan pembentukan AKD yang lainnya,” tandasnya.(618)