Naik Haji, Rossa Berat Tinggalkan Anak

Rossa tak bisa menahan tangis. Buliran air matanya tumpah saat dirinya harus berpamitan kepada keluarga kemarin. Penyanyi bertubuh mungil tersebut akan menunaikan ibadah haji selama hampir sebulan. Dia berharap bisa beribadah dengan lancar dan pulang sebagai manusia yang lebih baik.

Ditemui di Saphire D”condulate Lounge, Cordova, Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin (12/10), pelantun Ku Menunggu itu terlihat tak bisa menahan rasa haru. Air matanya terus menetes.

“Saya akan ibadah haji. Ini sudah di airport. Saya di sana selama 21 hari. Doakan semoga lancar bisa mendapat kenikmatan beribadah,” ucap perempuan kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 34 tahun lalu itu.

Keberangkatan ke Tanah Suci kali ini, ucap Rossa, terasa berbeda. Dia pernah beberapa kali pergi ke sana untuk umrah. “Kalau umrah, rasanya lebih santai. Tapi, ini beda. Seperti bukan ibadah yang biasa. Saya deg-degan,” urainya.

Dirinya juga bersedih karena harus meninggalkan anak semata wayangnya, Rizky Langit Ramadhan. “Sedih karena biasanya pisah cuma hitungan beberapa hari. Ini sebulan. Tadi dia tanya, yang jagain aku siapa Bu” Orang tua saya yang jagain anak. Saya juga bilang ke Rizki, saya bisa ditelepon di sana,” terangnya.

Demi bisa berfokus beribadah, Rossa tidak membawa BlackBerry. Dia hanya membawa telepon biasa. “Twitter, BB, saya matiin semua. Saya berangkat sebagai umat, bukan Rossa penyanyi,” tegasnya.

Di Tanah Suci, Rossa berencana mengemis doa. Banyak doa yang akan dia panjatkan. Doa untuk dirinya, anak, rumah tangga, keluarga, orang tua dan negara. Keinginan Rossa berhaji timbul ketika pulang umrah tahun lalu. Selama ini, dia bisa pergi ke belahan dunia lain seperti AS dan Hongkong. “Masak untuk ibadah haji nggak bisa.

Padahal, saya bisa jalan ke mana aja. Makanya saya niatkan. Langsung daftar tahun lalu dan lancar. Kita nggak pernah tahu umur kita sampai kapan,” ucap janda Yoyo Padi itu.

Akan bergabung dengan jutaan umat muslim dari seluruh dunia, Rossa berusaha menjaga fisik agar tetap fit, yakni makan dan istirahat dengan cukup. Dia ingin bisa beribadah dengan ikhlas tanpa ada sombong dalam hati.

“Semoga juga bisa membantu orang lain di sana,” ungkapnya. Pulang dari Tanah Suci nanti, dia berharap bisa menjadi manusia yang lebih baik dalam berperilaku dan berpakaian. (jpnn)