Mutasi Usai Lebaran

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk melakukan mutasi pejabat eselon III dan IV tampaknya balum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, sampai saat ini Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Bapperjakat) masih menyusun nama-nama pejabat yang akan dimutasi ke jabatan yang baru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti SE MT mengatakan, proses pemetaan dan kajian ini membutuhkan waktu. Bisa saja, mutasi tersebut akan dilakuan sesuai lebaran Idul Fitri mendatang. “Sekarang kita masih lakukan pemetaan dan kajian analisis jabatan,” terang Nopian kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (19/5).



Dijelaskannya, proses pemataan dan kajian ini sangat dibutuhkan. Karena sesuai arahan Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, pejabat yang dilantik nantinya harus sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.  “Jabatan yang diberikan harus sesuai dengan kompetensi. Ini yang membutuhkan proses,” tambahnya.

Ditegaskannya, jika salah menempatkan pejabat yang tidak sesuai dengan komptensinya, maka akibatnya kinerja tidak akan maksimal. Artinya, dimutasi ataupun tidak sama saja. “Kalau salah penempatannya, ini akan membebani kinerja di OPD-nya,” ungkap Nopian.

Nopian berharap Bapperjakat bisa memaksimalkan melakukan analisasis jabatan tersebut. Sebab, harapan melakukan mutasi ataupun roling jabatan tersebut, kinerja pemerintah bisa meningkat. Sehingga program-program yang sudah dicanangkan di setiap OPD bisa bergerak lebih cepat. “Jadi kuncinya itu bukan mutasi, tapi penataan jabatan,” terangnya.

Meski demikian, jika proses penilaian tersebut bisa dilakukan lebih cepat, maka proses pergantian jabatan tersebut bisa dilakukan dalam waktu dekat. Namun, jika belum, tentu Bapperjakat diminta untuk memaksimalkan kajian penataan pejabat dari jabatan yang baru.  “Ya kalau semua lengkap, tidak ada masalah lagi, bisa cepat kita lakukan,” pungkas Nopian. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*