Mutasi Tertutup, Sekkot Dicopot

RIO-WARTAWAN  BOLEH MASUK USAI PENGAMBILAN SUMPAH PELANTIKAN  (2)
BENGKULU,BE –  Entah ada hubungannya atau tidak sejak gencarnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu melakukan pengusutan kasus bantuan sosial membuat struktur birokrasi di Pemerintahan Kota Bengkulu dievaluasi.  Bahkan, berkembang informasi  jika dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi besar-besaran baik eselon II dan III di jajaranya.
Mutasi itu diawali  dengan dicopotnya Sekretaris Kota (Sekkot) Bengkulu, Drs Yadi dari jabatannya  dan menjadi fungsional. Posisi Yadi digantikan Asisten II Drs Fachrudin Siregar MM, sebagai pelaksana tugas.
Ada dua versi yang berkembang tentang pencopotan Yadi. Ada yang menyebutkan  sengaja dicopot karena diduga tidak mengimbangi kinerja Walikota Helmi Hasan SE  dan dinilai kurang cakap dalam pengelolaan anggaran. Ada pula informasi yang menyebutkan Yadi mengundurkan diri.
Pun begitu,  faktanya mutasi sore kemarin cukup istimewa. Jika sebelumnya mutasi selalu digelar di Gedung C, maka ini dilakukan di Balai Kota. Bahkan sangat tertutup peliputan media. Kalangan media baru diperbolehkan masuk begitu pengambilan sumpah jabatan usai.
Pencopotan Sekkot itupun diikuti dengan pelantikan dua pejabat eselon II yakni Marjon MPd dari Kepala Dinas Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif dirotasi menjadi Sekretaris DPRD Kota Bengkulu menggantikan Bujang HR. Padahal Bujang HR sendiri tengah mempersiapkan  proses pelantikan ke-35 anggota DPRD Kota baru yang akan berlangsung hari ini.
Sementara pejabat eselon III yang dimutasi tahap pertama ini, antara lain  Edi Supratman MM SH dari Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan pada Pegawai di BKD, bergantian posisi dengan dimutasi Sekretaris Camat Ratu Agung Kota Bengkulu, Sifrihadi SH MM. Kemudian Drs Dali Usman dari Kasi  Pengelolaan Aset di DPPKA Kota Bengkulu dipromosi menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan dan Informasi Kota Bengkulu.  Hoirul Mu’Asy ST MSi Kasi Pengelolaan Data dan Informasi pada  Bidang pendapatan II DPPKA Kepala Bidang Pengelolaan Aset di  DPPKA, Susi Susanti SSi MM dari Kasi Monitoring dan Evaluasi  pada Bidang Pendapatan I DPPKA  dipromosi menjadi Kepala Bidang Pendapatan II di DPPKA Zulherman S.sos MM Kabid Pendapatan II, pada DPPKA dimutasi menjadi Sekretaris di Satuan Polisi Pamong Praja.
Kepala Bagian Humas Pemkot Bengkulu, Salahudin Yahya mengungkapkan mutasi yang dilakukan tersebut merupakan pergerakan percepatan reformasi birokrasi, evaluasi dan mengambil keputusan untuk pergantian di tingkat pimpinan. Keputusan tersebut juga rangka merespon  pergantian unsur legislatif yang akan dilantik hari ini. “Ini berdasarkan rapat cepat di balai yang dihadiri Walikota   Inspektorat, Asisten I, II dan III serta Kabag Hukum, Kepala BKD,” ujarnya menambahkan jika Fachruddin menjabat sebagai Assisten II sekaligus Plt Sekda, sedangkan Yadi untuk sementara nonjob.
Ia kembali menegaskan jika evaluasi jabatan tersebut murni untuk meningkatkan kinerja  di lingkungan birokrasi, terutama merespon keluhan-keluhan baik internal  dan eksternal  tentang pelayanan publik. “Tidak tepat kalau Sekkot mundur, karena  ia juga ikut mengambil keputusan dalam rapat yang dipimpin walikota,” katanya.
Pria  yang akrab disapa Daeng inipun membantah  pergantian Sekkot  dikaitkan dengan   kasus bansos saat ini. “Banyak yang mengkait-kaitkan hal itu. Tapi  dalam dinamika rapat  itu sama sekali tidak menyinggung Bansos. Ini  memang untuk  mempertahankan stabilitas kinerja, jangan sampai ada bagian-bagian yang terganggu. Tidak ada pertimbangan-pertimbangan ke sana (Bansos),” katanya.
Evaluasi ini dimulai karena rencana Pemkot yang akan melakukan mutasi besar-besaran. Tahap pertama di unsur pimpinan,  hingga ke tahap midle dan terakhir di tingkat staf ” Semangatnya adalah reformasi birokrasi, dan ini persitiwa lumrah di jajaran birokrasi,” tuturnya.
Mantan Ketua KPU Kota itu, kembali menegaskan, pasca pergantian  legislatif itupun akan kembali bergulir mutasi lanjutan. Namun PNS di Kota Bengkulu diharapkan tenang, murni analisis jabatan, dan ada bagian -bagian yang dikritik masyarakat  terkait pelayanan publik.
Sementara Walikota Bengkulu, H Helmi Hassan dalam sambutan singkatnya menerangkan mutasi jabatan tersebut merupakan hasil evaluasi dan sudah melalui musyawarah yang cukup panjang dan matang. Evaluasi juga terus akan dilakukan. Hal tersebut, lanjut Ketua DPW PAN ini, guna membentuk suasana yang betul-betul harmonis dan memberikan penyegaran.
“Kami sudah meminta pertimbangan dengan berbagai pihak, saya harap semua pejabat yang baru dilantik bisa menjalankan tugasnya dengan iklas, cerdas dan tuntas,” jelas adik Menteri Kehutanan ini.(609/247)

Nama          Jabatan Lama          Jabatan Baru
1. Drs Yadi     Sekkot         Staf Fungsional umum

2. Marjon MPd     Ka. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif     Sekwan DPRD

3. Drs Bujang HR MM     Sekwan     Ka. Dispar dan Ekonomi Kreatif

Eselon III

1. Edi Supratman MM SH   Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai BKD   Sekcam Ratu Agung Kota Bengkulu,

2. Sifrihadi SH MM  Sekcam Ratu Agung      Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai BKD

3. Drs Dali Usman  Kasi  Pengelolaan Aset DPPKA      Sekretaris Dinas Perhubungan dan Informasi
4. Hoirul Mu’Asy ST MSi     Kasi Pengelolaan Data dan Informasi DPPKA     Kepala Bidang Pengelolaan Aset DPPKA

5. Susi Susanti SSi MM  Kasi Monitoring dan Evaluasi DPPKA       Kepala Bidang Pendapatan II di DPPKA

6. Zulherman S.sos MM Kabid Pendapatan II DPPKA
Sekretaris Satpol PP