Mutasi Guru Besar-Besaran

TAIS, BE-Setelah tahun ajaran baru 2013-2014 dimulai, Agustus mendatang akan terjadi mutasi guru dan kepala sekolah (Kepsek) di Kabupaten Seluma besar-besaran. Kini, Dinas Pendidikan (Dispendik) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masih merampungkan draft mutasi tersebut.
Informasi terhimpun, sekurangnya 221 orang guru dan Kepsek yang akan tersapu gelombang mutasi tersebut. Plt Kepala Dispendik Seluma, Muksir Ibrahim SPd mengatakan, mutasi tersebut akan melibatkan guru dan Kepsek mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Menurutnya, kebijakan tersebut akan diambil, juga untuk keperluan pemerataan tenaga guru.
“Itu juga untuk pemerataan penempatan guru,” kata Muksir Ibrahim, kemarin.
Sejauh ini, diakui Muksir, pihaknya tengah mematangkan persiapan penunjukan nama-nama calon Kepsek yang akan dimutasi. Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak BKD. Namun, katanya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyerahkan hasil penyususan usulan mutasi itu ke Baperjakat
“Sehingga melalui mutasi nantinya, terjadi peningkatan kualitas di bidang pendidikan. Terpenting kala ini kita masih melakukan pengolahan dan memilih lokasi penempatan sejumlah Kepsek dan guru,” terangnya.
Dijelaskan Muksir, mutasi Kepsek dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan nomor 28 Tahun 2010 tentang Jabatan Kepala Sekolah. Ketentuannya, periodesasi jabatan tersebut hanya bisa satu kali, selama 4 tahun. Perpanjangan jabatan Kepsek yang berprestasi dapat diberikan menjadi 2 periode. “Diharapkan dengan mutasi ini mutu pendidikan Kabupaten Seluma dapat meningkat serta menadapat peringkat di kancah nasional seperti yang dicanangkan wakil bupati,” tegasnya. (333)