Mutasi 160 Pejabat Janggal

mutasiBENTENG, BE – Kemarin, Pemkab Benteng kembali merombak susunan pejabatnya. Kali ini, sebanyak 160 orang pejabat eselon III,terdiri dari kepala bidang, kantor, camat dan sekretaris yang dimutasi dan dikukuhkan. Hanya saja, pelantikan yang dipimpin oleh Sekdakab, Dharmawan Yakoeb itu, diduga terdapat kejanggalan.

Soalnya, ada 3 jabatan setara kabid yang disebutkan diisi oleh 1 orang yang sama. Anehnya lagi, sesaat setelah protokoler membacakan satu persatu nama para pejabat yang tercantum dalam SK mutasi, seorang PNS BKD berinisial Ri, langsung merebut salinan SK itu dan membawanya kabur. Akibatnya pejabat yang dilantik dan wartawan yang meliput tak bisa melihat dan mengecek nama-nama pejabat yang dilantik itu secara rinci.

Abdi negara itu, cuma berteriak jika pejabat eselon 3 yang dimutasi sebanyak 160 orang. ” 160 orang,” ucap oknum PNS  itu sembari langsung berlari menuju mobilnya dan pergi begitu saja.

Sekdakab,Dharmawan Yakoeb dalam sambutannya, mengatakan, agar para PNS yang dilantik itu  dapat bekerja maksimal, tidak bermalas – malasan dalam menjalankan jabatan yang diemban. Soalnya, jika para pejabat eselon 3 ini ketahuan malas atau tidak bekerja  maksimal, maka mutasi pun kembali digulirkan, bahkan tidak menutup kemungkinan pejabat itu dinonjobkan.

“Jika PNS pejabat eselon 3 yang baru dipromosikan  ini tidak bisa dibina maka akan kita binasakan,” warning Sekdakab, kemarin dihadapan ratusan pejabat eselon III yang dilantik.

Sekkab menambahkan, tak hanya kalangan pejabat eselon III saja yang dibinasakan, jika tidak bisa dibina. Hal itu juga berlaku untuk pejabat eselon II ataupun  PNS biasa. Sebab, saat ini Pemkab Benteng sudah akan memberlakukan absen sidik jari. Sehingga, PNS tidak bisa lagi mengabsen dengan main titip kepada kawannya. ”Kalau kemarin, absen bisa dititipkan dengan kawan. Jika absen sidik jari ini telah kita berlakukan maka tidak bisa dititipkan lagi, melainkan langsung bawah orangnya ke kantor,” terangnya.

Untuk diketahui para pejabat eselon III yang dimutasi itu antara lain, Camat Taba Penanjung, dari Syarkowi Ilyas kepada Sukmala Dewi yang sebelumnya non job. Syarkowi dimutasi menjadi Kabid perlengkapan pada DPRD Benteng. Berikutnya jabatan Camat Pematang Tiga,  Sutrisno juga digeser, sebelumnya ia menjabat sebagai salah -satu kabid di  Pemprov Bengkulu. Sedangkan, posisi camat Pematang Tiga diisi oleh Baktiar yang sebelumnya menjabat sebagai  sekretaris kecamatan Pematang Tiga tersebut.

Camat Bang Haji, dari A. Syafawi kepada Zahrin. S.Sos, yang sebelumnya menjabat sebagai kabag umum dan perlengkapan Pemkab Benteng. Untuk pejabat eselon 3 yang dikukuhkan, adalah Kabag Pemerintahan, Drs Ahmad Munir, Kabag Kesra, Dra Martini, Kabag Keungan, Reilison, Kabah Hukum, Hendri Donal, serta para pejabat eselon III lainnya.(111)