Musim Panen, Pasar Malam Diserbu

LEBONG UTARA, BE- Musim panen para petani di Kabupaten Lebong tahun ini rupaya dimanfaatkan oleh para pedagang yang datang dari luar Kabupaten Lebong untuk membuka pasar malam di Lapangan Hatta Kecamatan Lebong Utara untuk mengaiz rezeki mereka.
Seperti yang diungkapkan salah satu pedagang boneka asal Kota Bengkulu, Budi (30) yang mengatakan dalam semalam omset yang diperoleh dirinya dapat mencapai Rp 1 hingga 2 Juta/malam. “Saya ini memang sudah biasa jualan keliling seperti ini. Awalnya ada teman saya mengatakan jika mereka akan ikut berjualan di pameran pasar malam di Lebong, nah saya ikut saja dengan rombongan mereka untuk mencari rezeki di Lebong ini, karena kabarnya warga di sini baru selesai panen padi,” jelas Budi. Berdasarkan pantauan, hampir sudah sepekan ini, lokasi pasar malam tersebut sangat ramai dikunjungi warga Lebong yang ingin membeli bermacam-macam barang, sebab di pasar malam tersebut berbagai barang banyak dijual seperti pakaian, alat memasak, piring, boneka, alat dapur hingga aksesoris dan peralatan rumah tangga lainnya. Meski rencananya pasar malam ini hanya dibuka untuk 1 minggu, tampaknya pasar malam akan diperpanjang dikarenakan masa panen warga yang tidak serentak. “Saat ini memang sudah banyak pengunjung, tapi belum maksimal karena berdasarkan keterangan warga beberapa kecamatan belum panen. Jadi kemungkinan besar masih akan diperpanjang sekitar 1 minggu lagi, karena masyarakat di sini cenderung konsumtif di masa panen,” kata Budi.

Selain itu, salah satu pengunjung pasar malam, Santi (35), warga Desa Ujung Tanjung Kecamatan Lebong Sakti, mengatakan jika ia bersama keluarganya memang sengaja datang ke pasar malam untuk melihat barang-barang apa saja yang ada dijual dalam pasar malam tersebut. “Ya, kami ke sini memang mau melihat apa saja yang dijual disini. Apalagi sekarang kan sudah masuk musim panen, jadi sekalian mau belanja. Soalnya mau belanja siang kami motong disawah dan memang waktu kami saat musim panen ini kebanyakan malam hari,” ucap Santi. Diketahui, saat ini sebagian petani di Kabupaten Lebong seperti di Desa Ujung Tanjung III, Ujung anjung II Kecamatan Lebong Sakti dan Desa Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning sejak 3 minggu ini mulai memasuki massa panen. Saat ini, hasil Panen padi pada Tahun 2012 cukup memuaskan, dikarenakan hasilnya mencapai 4 hingga 5 ton gabah Kering panen untuk setiap hektarnya. (777)