Musim Hujan, URC PUPR Survei Daerah Rawan Banjir

FOTO IST – Tim URC yang meninjau langsung daerah rumah warga yang rawan banjir.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Di musim penghujan yang mulai terjadi  bulan ini membuat warga di sejumlah titik yang menjadi langganan banjir mulai was-was. Meski hujan yang terjadi Kamis (14/05) belum parah, banyak lokasi baru yang mengalami banjir akibat drainase tertutup sedimen lumpur.

Dijelaskan Ketua URC (Unit Reaksi Cepat ) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruan (DPUPR) Kota Bengkulu, Eddy Suryanto, berawal dari laporan warga mengenai adanya genangan air di Jalan Kemang Manis 3 dan di depan Bencoolen Mall, saat itu juga tim URC langsung melakukan patroli. Dan hasil sementara survei yang dilakukan akan segera ditindaklanjuti.
,
“Hasil survei yang kita dapatkan kondisi saluran drainase sudah dipenuhi sedimen lumpur, solusi perlu pengangkatan sedimen agar saluran drainase lancar serta akan dilakukan normalisasi saluran drainase agar bisa menampung debit air yang cukup ketika hujan deras turun.” ujar Eddy.

Pihaknya saat ini juga masih menerima laporan dari masyarakat jika ada yang mengalami banjir-sumbatam pada drainase sehingga bisa ditindak secara cepat sebelum.banjir menggenangi rumah-rumah warga. Dia berharap masalah drainase yang dangkal atau banyak sedimen lumpur hendaknya bisa dilakukan perawatan mandiri oleh warga setempat dengan cara bergotong royong. Namun jika kerusakan parah dan membutuhkan peralatan khusus maka URC siap untuk membantu.

Sementara Plt Kadis PUPR Noprisman ST menjelaskan bahwa, hasil survei segera ditindaklanjuti dengan penanganan jangka pendek dan menengah.

“Penanganan jangka pendek akan segera dilaksanakan sesegera mungkin, dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bengkulu,” jelas Noprisman. (Imn)