Musim Hujan Tiba, Waspada Longsor

longsor
IST/Bengkulu Ekspress
WASPADA: Saat musim hujan datang, jalan raya di Ulu Manna sering terjadi longsor seperti yang terjadi di Desa Bandar Agung, ULu Manna, Selasa (28/8) lalu.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Saat ini sepertinya sudah memasuki musim penghujan. Pasalnya sudah satu minggu terakhir ini, hampir setiap hari hujan mengguyur bumi sekundang Setungguan. Oleh karena itu, khusus daerah yang rawan longsor, warga diminta waspada.

“ Musim penghujan seperti sudah mulai, kita harus selalu waspada,” kata kepala Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Bengkulu Selatan, Yarusdi Yunir S Sos.

Yarusdi mengatakan, akibat hujan turun, selama ini sungai di Bengkulu Selatan meluap seperti sungai Air Manna, hingga mengakibatkan sawah petani terendam. Bahkan baru-baru ini, tanah di atas jalan di wilayah Ulu Manna longsor dan menutupi badan jalan. Beruntung petugas sigap, Sehingga tidak berselang lama, material tanah dan batu yang menimbun badan jalan bisa dievakuasi dan arus lalu lintas lancar kembali.



“ Khusus jalan raya di wilayah Ulu Manna merupakan daerah yang rawan longsor, jangan sampai kita menjadi korban,” ujarnya.

Yarusdi menerangkan, Selasa (28/8) sore sekitar pukul 17.25 Wib ada 3 titik tanah longsor di Ulu Manna yakni 2 titik di Desa Bandar Agung dan 1 titik di Desa Merambung. Meskipun saat ini material sudah dievakuasi, namu bekas atau sisa tanah longsor di atas jalan, sewaktu-waktu bisa longsor kembali atau terjadi longsor susulan.

Sehingga dirinya mengimbau pengendara agar berhenti dan menjauhi lokasi yang rawan longsor jika saat melintas di jalan Ulu Manna turun hujan.“ Sisa material longsor yang terjadi di Ulu Manna masih ada, jadi jika hujan kembali turun, bisa terjadi longsor susulan,” imbuhnya.

Untuk itu, Yarusdi meminta agar pengendara yang mau melintas baik dari BS yang hendak ke arah Pagar Alam atau sebaliknya, agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat melintas. Ditambah lagi saat ini di lokasi longsor masih ada sisa-sisa material, dan menyebabkan badan jalan licin. “Selalu Waspada saat melintas agar tidak menjadi korban longsor,” demikian Yarusdi. (369)