Musda REI Bengkulu Dinilai Cacat Hukum

Bengkulu, Bengkulekspress.com – Musyawarah Daerah (Musda) ke IX DPD REI Provinsi Bengkulu, yang dibuka Gubernur Bengkulu, DR. Rohidin Mersyah, kemarin, Senin (24/6) di Grage Hotel Bengkulu, dinilai cacat hukum. Dampaknya Ketua DPD REI Bengkulu terpilih disebut-sebut memutuskan mengundurkan diri.

Salah Seorang Kandidat Calon Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu yang Menyatakan Musda DPD REI Cacat Hukum, Muhammad Fikri Thobari, SE. Menurutnya, hal tersebut lantaran, rangkaian Musda seharusnya diikuti seluruh peserta yang memiliki hak suara. Namun dari 145 peserta, DPP REI mengatakan ada 18 anggota DPD REI Bengkulu, tidak berhak menggunakan hak suara.

“Saya sebagai salah seorang calon ketua memutuskan untuk WO (Walk Out) dari arena Musda. Karena, Musda kami nilai cacat secara hukum,” kata M Fikri kepada Bengkuluekspress.com,di Grage Hotel Bengkulu, Selasa (25/6).

Diantara peserta musda pemilik hak suara yang hilang hak suaranya. Bersama rekan-rekan anggota DPD REI lainnya, sebesar 50 persen plus satu menyatakan sikap untuk mosi tidak percaya terhadap Musda IX yang telah dilaksanakan.

Anggota DPD REI Provinsi Bengkulu, lanjut mantan anggota DPRD Kabupaten Kepahiang tersebut, berjumlah 145 pemilik suara seperti disampaikan di dalam Tata Tertib (Tatib) dan sudah disahkan dalam arena Musda. Tetapi, hanya sebanyak 127 anggota yang diputuskan DPP diakomodir sebagai peserta.

“Saya sudah katakan sejak awal, peserta ini diregistrasi dulu agar terdaftar sebagai peserta dan dilegalkan oleh DPP. Rangkaian acara telah mereka ikuti namun pada waktu penggunaan hak suara mereka tidak dibolehkan. Kenapa tidak dari register awal kalau begitu,” paparnya.

Ditambahkan Fikri, Ketua terpilih DPD REI Provinsi Bengkulu, Taman, SE tadi malam telah mengundurkan diri sebagai Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu terpilih.

“Kalau saya panggil dia (Taman, red) itu kakak. Dia telah menyatakan sikap mengundurkan diri dari Ketua DPD REI Provinsi Bengkulu. Untuk sementara, sesuai AD ART kita, maka posisi Ketua DPD REI diambil alih Wakil Ketua I sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plh). Untuk selanjutnya, kita usulkan Musda ulang atau Musda Luar Biasa,” tegasnya.

Hanya saja sejauh ini, Ketua DPD REI Bengkulu, Terpilih Taman, SE belum berhasil dikonfirmasi sehingga keterangannya belum diperoleh. (HBN)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*