Murman Pulang Disambut Simpatisan

TAIS, BE – Mantan Bupati Seluma H Murman Effendi hari ini akan pulang ke Bengkulu. Kepala Bagian Humas Protokol Pemkab Seluma, Mulyadi SSos MM mengatakan, sejak kemarin Pemkab Seluma sudah mendapat pemberitahuan soal kedatangan Murman, lalu Pemkab Seluma akan melakukan penyambutan di Bandara Fatmawati Bengkulu.

”Pak Murman besok (hari ini, red) akan pulang ke Bengkulu. Beliau datang dengan pesawat pagi. Kita dari Pemkab Seluma akan melakukan penyambutan bersama masyarakat Seluma,” kata juru bicara Pemkab Seluma itu.

Menurut Mulyadi, penyambutan terhadap Murman tersebut akan dilakukan melibatkan massa dalam jumlah banyak. Tapi, dipastikan Pemkab Seluma tidak melakukan mobilisasi massa untuk menyambut kedatangan mantan Bupati Seluma itu. Melainkan, secara sendiri-sendiri masyarakat yang berasar dari pendukung dan simpatisan Murman berinisiatif untuk menyambut kedatangannya pertama kali di Bengkulu setelah ditahan KPK selama 1 tahun lebih.

”Perlu kita beritahukan juga, yang menyambut kedapatangan beliau ini bukan hanya dari Pemkab Seluma saja. Tapi dari informasi yang pasti yang kita dapat dari masyarakat, akan ada massa dalam jumlah banyak dari kalangan mayarakat yang akan ikut dalam pemyambutan secara terpisah,” katanya.

Sementara kepulangan Murman yang telah divonis Mahkamah Agung (MA) 2 tahun penjara itu masih menjalani masa hukuman di LP Cipinang Jakarta. Namun, saat ini Murman diketahui mendapat hak asimilasi dari LP untuk persiapan kebebasannya dengan diberikan kesempatan keluar penjara pada siang hari dengan ketentuan bekerja di salah satu lembaga non pemerintah.

Terkait soal status terpidana dan kepulangan Murman itu, Kabag Humas ketika ditanya lebih lanjut mengaku belum dapat menjelaskan perihal tersebut. Hanya ditegaskannya, bahwa pihaknya sudah mendapat kepastian kepulangan Murman tersebut hari ini, hingga Pemkab Seluma menyiapkan penyambutan.

”Bukan tupoksi kita menjelaskan itu. Tapi yang pasti, pak Murman akan pulang, dan kita akan melakukan penyambutan,” kata Mulyadi lagi.

Bundra Coffee Morning
Lebih lanjut, dikatakan Mulyadi, Plt Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH diagendakan tak ikut dalam kegiatan penyambutan Murman di Bandara Fatmawati Bengkulu. Karena Bundra sudah ada jadwal acara yang ditetapkan jauh-jauh hari, yakni Coffee Morning bersama jajaran Polres Seluma dan sejumlah tokoh masyarakat Seluma di Gedung Daerah Serasan Seijoan Tais. ”Pak Plt bupati tidak ikut. Beliau ada kegiatan di gedung daerah pada pagi hari,” katanya. (444)