Mulai 1 Oktober, Gaji Kades Lewat Bank


Yunizar Hasan SH MAP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Asisten 2 Bupati Bengkulu Selatan (BS), Yunizar Hasan SH MAP mengatakan, mulai bulan depan terjadi perubahan system pembayaran gaji kepala desa dan perangkatnya. Jika sebelumnya secara tunai, namun bulan depan lewat bank.“ Mulai 1 Oktober pembayaran gaji kades dan perangkatnya lewat Bank,” katanya.

Yunizar menambahkan, pembayaran gaji lewat rekening bank tersebut untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli). Sehingga gaji yang diterima para kades dan perangkatnya untuk secara keseluruhan masuk ke rekening pribadinya.“ Upaya ini sebagai tindaklanjut dari gagasan Pak Bupati untuk mengantisipasi terjadinya pungli,” ujarnya.

Pelaksana tugas (plt) kepala Badan pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BS, Decky Zulkarnaen S Sos menambahkan, rencana perubahan teknis pembayaran gaji kades dan perangkatnya dari manual ke rekening bank sudah disampaikan ke desa-desa melalui surat edaran. Sehingga para kades dan perangkatnya memiliki rekening atas nama masing-masing. Sebab gaji nanti akan langsung di transper ke rekening masing-masing.



“ Perubahan system pembayaran gaji kades dan perangkatnya ini sudah jauh-jauh hari disampaikan ke desa, sehingga mulai 1 Oktober tidak ada lagi pembayaran gaji secara langsung,” imbuhnya.

Pengky, Kades Tungkal 1, Pino Raya yang juga sekaligus ketua persatuan perangkat desa IndonesiaKecamatan Pino Raya mengatakan, informasi tersebut sudah diketahui para kades dan perangkatnya,bahkan saat ini para kades sudah membuat rekening bank. Sehingga saat perubahan system pembayaran gaji nanti, para kades dan perangkatnya tidak ada kaget lagi. “kami para kades dan perangkat desa sudah menyiapkan persyaratan pembayaran gaji lewat rekening, kami mendukung upaya tersebut,” ujar Pengky. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*