Mukomuko Tingkatkan Jaringan Air Bersih

ILUSTRASI
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, berencana untuk melakukan peningkatan ataupun menambah jaringan air bersih bagi masyarakat di daerah tersebut. ”Rencana ada, jika usulan anggaran mencapai Rp 6 miliar disetujui pemerintah pusat.

Maka,tahun 2020 mendatang akan direalisasikan,” sampai Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi ST MT melalui Kepala Bidang Cipta Karya, M Zum ST.Usulan anggaran miliaran rupiah untuk peningkatan ketersediaan air bersih itu,untuk membiayai penyambungan jaringan air bersih dari jaringan induk ke rumah pelanggan di wilayah Desa Kota Praja Kecamatan Air Manjunto menuju Mapolres Mukomuko Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko.“Khusus jaringan induk sudah dibangun tahun sebelumnya.Tahun ini,kembali diusulkan dengan harapan direalisasi tahun 2020 dan pemasangan baru dapat dilakukan,”katanya.

Ia memperkirakan,jika jaringan baru itu sudah terpasang yang ditarik dari jaringan induk hingga menuju rumah penduduk, sekitar 300-an rumah.Penyambungan jaringan baru ke rumah penduduk,salah satu upaya pemerintah terus berkesinambungan untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Ia menjelaskan,di tahun 2019 ini ada juga pekerjaan penyambungan jaringan air bersih ke rumah warga sekitar 250 orang di wilayah Desa Agung Jaya.Jumlah anggaran untuk peningkatan pelayanan air bersihmencapai Rp 2,2 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun2019. “Anggaran yang bersumber DAK itu,masih dalam proses lelang dan kemungkinan di akhir bulan Juli ini,pekerjaan tersebut sudah dapat dimulai dan rampung tahun ini.Jumlah pemasangan baru nantinya mencapai 250.Pendistribusian air bersih melalui PDAM Tirta Selagan,” ungkap M Zum.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*