Mukomuko Sasaran Program SSGI

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kabupaten Mukomuko menjadi sasaran Program Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dan Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI).”Tahun 2020 ini, daerah kita juga menjadi sasaran program SSGI dan SKMI,” ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM.

Pelaksanaan nantinya, Bustam mengatakan, terlebih dahulu telah dilakukan perekrutan tenaga ahli atau enumerator, khusus untuk survei tersebut. Dari sebelas peserta yang mengikuti seleksi tertulis, dinyatakan sembilan orang lolos untuk direkrut sebagai enumerator.

Peserta yang direkrut itu, khusus tenaga ahli gizi. Mereka adalah lulusan Sarjana atau diploma III gizi.”Sembilan orang tersebut akan bekerja selama sebulan, melakukan survei gizi. Nantinya disebar ke seluruh wilayah 17 Puskesmas di daerah ini,” bebernya.

Bustam juga berharap, masyarakat yang menjadi sasaran survei, dapat terbuka. Sehingga akan diketahui apa bahan konsumsi masyarakat Mukomuko pada umumnya dan bagaimana pula nilai gizinya, untuk kemudian data tersebut dibawa ke Kementerian Kesehatan RI.

“Program ini langsung dari pemerintah pusat. Daerah hanya melaksanakan. Dan lokasi yang di survey berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik Mukomuko,” ungkapnya. (900)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*