Mukomuko Raih Program Perkarangan Pangan Lestari

MUKOMUKO, bengkuluekspress– Kabupaten Mukomuko meraih kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk program Perkarangan Pangan Lestari (P2L). Dari usulan yang telah disampaikan, tahun ini sekitar tujuh kelompok akan menerima program tersebut.
“Tahun 2021 ini, sebanyak tujuh kelompok yang mendapatkan program P2L,” sampai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Junaidi SP dikonfirmasi BE, Senin (18/1).

Menurutnya, program P2L salah satu program pemerintah yang mendukung program ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga dan peningkatan pendapatan rumah tangga. Program pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Kelompok yang akan menjalankan program tersebut, kata Junaidi, disesuaikan dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.
”Kelompok itu nantinya akan menjalankan program itu dan menanam berbagai tanaman sayuran. Ada lahan yang sudah disiapkan di satu lokasi dan ada juga penanaman yang dilakukan di lahan pekarangan masing – masing kelompok yang bersangkutan,” jelasnya.

Junaidi menyebutkan, satu kelompok akan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 55 juta, sedangkan untuk dana pembinaan sebesar Rp 15 juta. Khusus anggaran untuk kelompok langsung ditransfer ke rekening masing – masing kelompok. Adapun kegunaan diantaranya untuk pembuatan demplot, pembelian bibit, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Ke tujuh kelompok itu tersebar di Kecamatan Air Rami, Malin Deman, Selagan Raya, Air Manjunto dan Kecamatan Kota Mukomuko.
“Yang jelas program ini juga dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya rumah tangga di masa pandemi Covid-19,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*