Mukomuko Kekurangan Tenaga Guru

guru-honorer
foto:IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Belasan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Mukomuko masih banyak kekurangan tenaga guru. Mulai dari tenaga guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika,Kimia dan Biologi.

Demikian diungkapkan K epala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Mukomuko, Jasni Bahari SPd dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (14/5). Namun, ia belum dapat menyampaikan secara mendetail kekurangan-kekurangan tenaga guru tersebut. Pasalnya, masih dilakukan pendataan ulang.

”Cabdin Mukomuko baru aktif lima bulan terakhir, khusus untuk tenaga guru di SMA/SMK di daerah ini kita data ulang. Untuk hasil sementara masih banyak kekurangan tenaga guru,”katanya.

Selain itu, kata Jasni, pihaknya juga mengaku penempatan tenaga guru baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan guru bantu yang dibiaya Pemerintah Provinsi Bengkulu masih belum merata. Contohnya, SMA tenaga guru IPS berlebih, sedangkan SMA B kekurangan dan lainnya.

“Ini juga tengah kita petakan. Mulai dari kebutuhan SDM guru yang masih kekurangan hingga SDM guru yang penempatan tugasnya belum merata,”bebernya.

Ia juga menyampaikan, tenaga guru tingkat SMA/SMK sederajat sebanyak 122 orang. Dengan rincian SMA sebanyak 85, SMK 32 dan SLB 5 orang. Tenaga tata usaha sebanyak 73 orang dengan rincian SMA 52, SMK 20 dan SLB sebanyak 3 tenaga usaha.(900)