Mukomuko Berharap Kembali Zona Hijau

Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko sangat berharap daerah tersebut kembali menjadi zona hijau. Namun untuk perubahan zona tersebut, dengan syarat tidak ada lagi penambahan pasien positif Covid-19.
Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 KabupatenMukomuko, Bustam Bustomo SKM menyampaikan, pasca keluarnya hasil Swabsebanyak 186 warga Kabupaten Mukomuko yang hasilnya negatif. Petugas kesehatan
kembali melakukan tes Swab kedua untuk 186 warga yang terkontaklangsung dengan pasien Covid-19 dari beberapa klaster.
“Hasil Swab kedua bakal menjadi penentu zona untuk Kabupaten Mukomuko. Kalau hasilnya nanti
negatif lagi, Kabupaten Mukomuko akan berubah menjadi zona hijau dan jika
sudah ada keputusan dari satgas provinsi dan kabupaten. Jikalau adayang positif satu orang saja, Kabupaten Mukomuko tetap berada dalam zona merah.
“Kita tunggu dan berdo’a hasil swab kedua ini nantinya negatif, karena sebagai penentu perubahan zona,” katanya.

Sedangkan sebanyak 47 orang warga yang positif terpapar Covid-19, seluruhnya sudah sembuh berdasarkan hasil tes Swab pertama dan kedua. Pasien yang sembuh total sudah menjalankan aktivitas seperti biasanya.
“Puluhan warga tersebut sudah dinyatakan sembuh total dan tidak lagi terjangkit Covid-19. Begitu juga warga yang melakukan karantina mandiri, sekarang juga tidak ada lagi. Memang jumlah kasus di Kabupaten Mukomuko cukup tinggi mencapai 49 orang,” bebernya. Masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah. Seperti gunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer dan jaga jarak. Ini merupakan bagian dari pencegahan penyebaran Covid-19. “Jika masyarakat tetap disiplin, Insya Allah tidak ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Mukomuko,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*