Mudik Lebaran, Diimbau Rekam Data KTP EL

ngantri rekam data E KTP di Dukcapil
DOK/Bengkulu Ekspress
REKAM: Warga Bengkulu Selatan , khususnya lulusan SMA sederajat saat merekam data KTP EL beberapa waktu lalu di Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan .

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan (BS), Gunawan Suryadi S Sos MM mengatakan hingga saat ini dari 117 ribu jiwa warga Bengkulu Selatan wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Hingga saat ini hampir semuanya sudah melakukan perekaman data KTP Elekrtorik (KTP El). “ Sudah lebih 99 persen warga yang sudah rekam data KTP EL,” katanya.

Gunawan mengatakan, hingga saat ini masih tersisa sekitar 1000 jiwa lagi warga Bengkulu Selatan yang belum melakukan rekam data KTP El. Ke-1000 warga tersebut, pada umumnya mahasiswa dan warga Bengkulu Selatan yang dirantau. “ Terbanyak warga Bengkulu Selatan  yang dirantau yang jarang pulang,” ujarnya.

Oleh karena itu, pada suasana mudik lebaran ini, Gunawan mengimbau warga Bengkulu Selatan yang dirantau, dapat melakukan rekam data KTP El saat mudik lebaran. Dirinya berharap, sebelum kembali ke rantau untuk bekerja, terlebih dahulu menuntaskan perekaman data KTP El. Sehingga ke depan tidak ada lagi warga Bengkulu Selatan yang tidak memiliki KTP El.

“Sebelum kembali merantau, saya harap warga Bengkulu Selatan dapat merekam data KTP EL,” imbuhnya.

Gunawan menambahkan, saat ini blanko kosong masih ada sekitar 4000 lembar lagi. Sehingga warga yang melakukan perekaman data, dapat langsung menerima KTP El. Sebab dengan blanko kosong masih ada 4000 lembar dengan warga yang belum rekam data hanya sekitar 1000 orang lagi, maka blanko tersebut tidak akan kurang.

“ Usai rekam data, KTP EL dapat langsung dibawa pulang, sebab langsung bisa dicetak,” bebernya.

Terlebih lagi, sambung Gunawan pada pemilu 2019 mendatang, semua warga wajib memiliki KTP EL. Sebab bagi yang tidak punya akan kesulitan untuk menyalurkan hak pilihnya. Oleh karena itu, dirinya berharap, warga dapat memanfaatkan waktu mudik untuk merekam data KTP EL. Bahkan untuk memberikan pelayanan maksimal, Gunawan mengaku pihaknya siap mendatangi warga yang mau rekam data. “Kami menyiapkan mobil keliling untuk memastikan setiap warga Bengkulu Selatan memiliki KTP EL, jadi jadikan kesempatan mudik lebaran ini untuk memiliki KTP EL,” demikian Gunawan. (369)