Muamalat Bengkulu Raih Laba Rp 13 M

Ari; Transaksi yang sedang terjadi di bank Muamalat bengkuluBENGKULU, BE– Bank Muamalat Indonesia Cabang Bengkulu, melanjutkan trend positif pertumbuhannya pada tahun 2013 lalu. Pencapaian parameter bisnis Bank Muamalat Bengkulu lebih dari 100 persen pada masing-masing usahanya. “Alhamdulillah berkat kepercayaan masyarakat Bengkulu, Bank Muamalat semakin tumbuh dan pada tahun 2013 kemarin kami berhasil membukukan laba sebesar Rp 13, 490 miliar,” ungkap Branch Manager Bank Muamalat Bengkulu, H Edi Santoso.
Pencapaian laba yang didapat tersebut melebihi dari target yang ditetapkan Bank Muamalat Bengkulu pada tahun 2013 lalu. Pada awal tahun 2013 lalu ditargetkan laba sebesar Rp 9,74 miliar. “Dengan pencapaian laba sebesar Rp 13 miliar, total laba yang dicapai Bank Muamalat sebesar 139 persen,” jelasnya.
Sementara itu, untuk penghimpunan dana yang dilakukan Bank Muamalat Bengkulu melalui tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 32 persen atau naik sebesar Rp 30 miliar. Sedangkan Giro tumbuh sebesar 39 persen. Penyaluran pembiayaan yang dilakukan mengalami pertumbuhan sebesar 54 persen menjadi Rp 163 persen. Dan net income margin (NIM) sebesar 12 persen. “Untuk Non performing financing atau pembiayaan bermasalah yang kita alami sangat kecil hanya 0,49 persen,” tambah Edi.
Besarnya laba yang diraih tersebut dikarenakan 75 persen dari dana yang mereka himpun merupakan dana murah atau casa. Selain itu menurut Edi, pertumbuhan Bank Muamalat tersebut tidak terlepas dari berbagai program yang dilakukan selama priode tahun 2013 lalu. Diantaranya adalah Kemilau emas, melalui program ini nasabah Bank muamalat yang melakukan penempatan dana akan mendapatkan emas sesuai dengan besaran dan jangka waktu tertentu. Selain kemilau emas, pada tahun 2013 lalu Bank Muamalat juga menggelar program pengembalian biaya transakasi untuk nasabah giro Tijari yang melakukan minimal 55 transaksi dalam satu bulan dan Bank Muamalat juga melakukan pemotongan angsuran pembiayaan untuk nasabah yang dinilai baik dan tidak pernah menunggak.
Bank Muamalat juga sering melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap masyarakat Bengkulu. Disamping itu Bank Muamalat sebagai bank syariah tentunya meyakini jika memberi maka akan mendapatkan yang lebih. “Semua program yang telah kita lakukan pada tahun 2013 lalu, kemungkinan besar akan kita lakukan lagi pada tahun 2014 ini, bahkan bisa jadi lebih banyak,” jelas Edi.(251)