MU dan Arsenal Mulus, City Kandas

Manchester United (MU) melaju ke babak ke empat Piala Liga usai menghentikan perlawanan Newcastle United yang bertamu ke Old Traford dengan skor tipis 2-1, Kamis (27/9) dini hari WIB. Sedang Arsenal terlalu tangguh bagi klub kecil Coventry, tanpa ampun menghujani sang tamu dengan setengah lusin gol. Sementara rekan se-kota MU, Manchester City dipaksa menyerah 2-4 di kandangnya di Stadion Etihad, saat menjamu Aston Villa.

Pelatih MU Sir Alex ferguson menampilkan banyak pemain lapis kedua seperti Vermijl, M Keane, Wootton, Buttner dan lainnya. Namun mereka dapat dilapis oleh sekuat inti di depan yakni Danny Welbeck dan Wayne Rooney yang baru sembuh dari cidera paha.

Gol perdana MU lahir semenit sebelum laga babak pertama usai. Gol ini lahir dari akselerasi Anderson yang berhasil menerobos pertahanan Newcatle setelah menerima umpan dari Flatcher di menit ke 44. Skor 1-0 menutup laga babak pertama. Sedang gol kedua MU tercipta di menit ke 58, atas nama Tom Cleverley. Sedang gol balasan Newcastel dicetak Cisse.

Sementara skuat besutan Roberto Mancini itu dipaksa menyerah 2-4 di kandangnya di Stadion Etihad, Rabu (26/9) dini hari WIB saat menjamu Aston Villa pada pertandingan babak ketiga.

The Citizens -julukan Manchester City- kalah setelah melalui perpanjangan waktu. Gol kemenangan Villa dicetak masing-masing Gareth Barry pada menit 53 lewat aksi bunuh diri pemain City, Gabriel Agbonlahor (70), Charles N”Zogbia (96) dan Gabriel Agbonlahor (113). Sedangkan gol balasan City diciptakan Mario Balotelli (27) dan Aleksandar Kolarov (64).

Mancini selaku sang artsitek kali ini mengandalkan duet Balotelli dan Carlos Tevez di lini depan. Keduanya menjadi starter. Strategi ini tidak mengecewakan karena hanya 27 menit di babak pertama, Balotelli sudah membawa City unggul 1-0.

Sementara Arsenal terlalu tangguh bagi klub kecil Coventry. Dalam lanjutan Piala Liga, Kamis (27/9) dini hari WIB, sekuat asuhan Arsene Wenger ini tampa ampun menghujani sang tamu dengan setengah lusin gol. Hingga laga berakhir Arsenal membukukan kemenangan 6-1. Kemenangan ini tentu saja menjadi pemanasan sebelum melakoni derby london melawan Chelsea akhir pekan ini.

Menurunkan pemain lapis kedua seperti Martinez, Miquel, Djourou, Angha, Yennaris, Santos, Coquelin, Oxlade-Chamberlain, Walcott dan Arshavin, Arsenal sempat mengalami kesulitan membobol jala Conventry di awal-awal babak pertama. Namun selepas menit ke 30 tim berjuluk Meriam London ini langsung mengobrak abrik pertahanan Coventry yang bertamu ke Emirate Stadium.

Hasilnya menit ke 39, Oliver Giroud berhasil menuntaskan kerjasama Arshavin-Coquelin menjadi gol perdana. 1-0 untuk Arsenal. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Pemain muda Alex Oxlade-Chamberlain berhasil menambah koleksi gol Arsenal menjadi 2-0. Gol ini lahir dari kerjasama satu dua bintang Timnas Inggris tersebut dengan Santos. Menit ke 63, giliran Arshavin mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini lahir setelah pemain Rusia tersebut memaksimalkan umpan Giroud sebelum menaklukkan Murphy di bawah mistar gawang Coventry.

Arsenal semakin mendominasi pertandingan. Menit ke 74, Theo Walcott membulatkan skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Arsenal. Namun demikian empat menit kemudian tuan rumah berhasil memperkecil ketertinggalan lewat aksi Callum Ball. Skor kini berubah menjadi 4-1.

Akan tetapi skor ini tak bertahan lama mengingat menit ke 80 Ignasi Miquel berhasil melepaskan heading akurat ke jala Murphy memanfaatkan umpan silang Arshavin. Arsenal menjauh dengan 5-1. Menutup laga, tepat di menit ke 90, Walcott, mencetak gol keduanya dalam laga ini. gol ini sekaligus menggenapkan kemenangan Arsenal menjadi 6-1 yang bertahan hingga laga usai.(jpnn)