MTQ Tingkat Kabupaten Digelar


ASRI/Bengkulu EkspressSIAP: peserta siap mengikuti lomba MTQ tingkat Kabupaten di Masjid Jamiq, Selasa (30/4).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sudah digelar. Kegiatan MTQ dipusatkan di Masjid Jamiq dan dibuka oleh Asisten 111 Bupati, Arjo Arifin SE MM. Arjo mengajak peserta dapat serius mengikuti MTQ tersebut, sebab yang terbaik nanti akan menjadi wakil BS dalamLomba MTQ tingkat Provinsi.

“ Saya minta peserta dapat bersungguh-sungguh saat mengikuti lomba MTQ ini,”katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta, panitia dapat bekerja maksimal dan profesional. Sehingga pemenang dalam lomba ini, bukan karena dekat dengan panitia atau anak pejabat. Namun benar-benar peserta yang terbaik. “ Dalam MTQ ini,kita mencari yang terbaik bukan karena ada hubungan kedekatan atau karena sesuatu hal,” ujarnya.

Selain itu juga, Arjo masyarakat Bengkulu Selatan, dengan momen MTQ ini, agar warga Bengkulu Selatan  terutama anak-anak dan remaja untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan dalam semangat membaca Alquran. Sebab Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam. “ Kita harus berupaya mengamalkan isi kandungan Alqur’an ini dalam kehidupan kita sehari-hari,” imbuhnya.

Arjo berharap dengan adanya MTQ ini, kedepannya menjadikan BS sebagai daerah pencetak generasi yang agamis. Sehingga generasi muda Bengkulu Selatan  semakin religius, serta selalu memakmurkan masjid. “Semoga dengan MTQ ini, generasi muda Bengkulu Selatan  semakin soleh dan soleha,” harap Arjo.

H Arsan Suryani Ibrahim MHI mengatakan, MTQ dilaksanakan selama dua hari, yakni mulai Selasa (30/4) dan Rabu (1/5). Adapun cabang yang dilombakan yakni cabang tilawah, tartil dan qariat.Kegiatan ini dipusatkan di masjid Jamik . Selain itu, ada juga cabang hifzil quran, tafsir al quran, tahfoz dan alhadist di pusatkan di masjid Al Muwafaqah. Lalu untuk cabang khatil quran dipusatkan di MTs Al quraniyah.

Kemudian ada juga  cabang fahmil quran, syahril quran dan musabaqah makalah al quran dipusatkan di aula kantor Kemenag.  “ Jumlah peserta dari semua cabang lomba ada 72 orang. Mereka adalah perwakilan masing – masing kecamatan di Bengkulu Selatan,” ujar Arsan. (369)