MTQ Tingkat Kabupaten di Lebong Segera Digelar

Kabag Kesos Setkab Lebong, Fabil Rozak Sag MPdi==

 

LEBONG,bengkuluekspress.com – Batal dilaksanakan tahun lalu akibat adanya aturan tidak boleh ada kerumunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong berencana kembali akan menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten tahun 2021 ini.

Kepala bagian (Kabag) Kesejahetaraan Sosial (Kesos) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Fabil Rozak Sag MPdi mengatakan, bahwa sebelumnya untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Lebong direncanakan akan digelar di awal tahun 2021.
“Akan tetapi karena masih meningkatnya kasus Covid-19, maka pelaksanaan direncanakan di akhir atau sekitar bulan Seprember mendatang,” sampainya, Selasa (20/04)

Menurutnya, pelaksanaan MTQ merupakan salah satu untuk mencari bibit dan langkah antisipasi jika nantinya MTQ tingkat Provinsi Bengkulu yang akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang akan dilaksanakan. Dimana jika sudah didapat yang terbaik di tahun 2021 ini, maka tinggal persiapan untuk nantinya dikirim sebagai perwakilan Kabupaten Lebong.
“Kita tinggal memberikan pelatihan, untuk kita persiapkan pada MTQ tingkat Provinsi,” ujarnya

Akan tetapi, terangnya, untuk final pelaksanaannya masih akan dirapatkan kembali. Baik itu tata cara pelaksanaanya, tempat dan waktu yang tepat serta persiapan-persiapan yang lainnya. Karena untuk pelaksanaan MTQ saat ini berbeda dengan pelaksanaan MTQ sebelum masa pandemik wabah Covid-19.
“Nanti pelaksanaannya akan dilaksanakan di Kecamatan yang siap,” tuturnya.

Untuk mata lomba yang nantiny akan digelar, direncanakan ada sebanyak 5 mata lomba yaitu Mulai dari tilawah, hifzil, syahril, fahmil dan khat. Dimana semua mata lomba katagori laki-laki dan perempuan serta nantinya juga akan dibagi berdasarkan umur.
“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya
Dengan telah direncanakannya aka nada MTQ tingkat Kabupaten di tahun 2021 ini, diharapkan kepada seluruh pemerintah Kecamatan bisa terlebih dahulu menggelar pelaksanaan MTQ untuk tingkat Kecamatan yang nantinya par apemenang bisa mewakili Kecamatan untuk mengikuti di tingkat Kabupaten.
“Karena MTQ tingkat kecamatan juga rangkaian dari ajang seleksi untuk tingkat provinsi,” imbaunya.(614)