MTQ Lansia jadi Agenda Rutin di Bengkulu Selatan

IST/BE
MTQ LANSIA: Ibu-Ibu lansia saat mengikuti lomba MTQ lansia.

KOTA MANNA, BE – Menyambut hari amal bakti (HAB) Kementerian Agama ( Kemenag) Republik Indonesia (RI) ke-75, serta menyambut tahun baru 2021. Kemenag Bengkulu Selatan(BS) menggelar lomba musabaqah Tilawatil Quran untuk wanita lanjut usia (lansia). MTQ lansia yang digelar sejak 30 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 ini kegiatan perdana dan direncanakan menjadi agenda rutin.

“MTQ lansia ini perdana dan kedepan kami jadikan agenda rutin tahunan,” kata Kepala Kemenag BS H Arsan Suryani Ibrahim MHI didampingi Panitia Penyelenggara Ustad Salimudin MPdI.

Dikatakan Arsan, lomba MTQ Lansia ini diikuti 83 peserta. Bahkan peserta tidak hanya dari BS, namun juga ada satu peserta dari Kabupaten Rejang Lebong. Mengingat tahun ini masih pandemi covid-19, maka pelaksanaan MTQ tidak dilakukan dengan tatap muka, akan tetapi secara virtual atau zoom. Dalam pelaksanaan lomba selama 3 hari tersebut, keluar sebagai juara 1 atas nama Mama Halimah (55) warga Desa Tungkal 2, Pino Raya. Kemudian juara dua atas nama Sija Hartati (46) warga Desa Pasar Pino, Pino Raya daj Juara 3 diraih oleh Lina (49) warga Desa Napal Melintang, Pino Raya.

“Para pemenang lomba MTQ akan berikan hadiah berupa piagam penghargaan, sertifikat dan uang pembinaan,” ujarnya.

Ditambahkan Salimudin, lomba MTQ Lansia tersebut prakarsai KUA Pino Raya. Pada HAB ke-75 Kemenagdigelar kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni MTQ Lansia. Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat para lansia agar selalu rajin membaca Alquran. Dalam lomba MTQ Lansia tersebut, sambung Salim ada 3 kriteria yang dinilai yak ni ilmu tajwid, irama dan adab ( penampilan).

“Hadiah kami serahkan saat upacara HAB pada Selasa (5/1) nanti,” ujar Salimudin. (369)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*