MTQ Korpri Dimulai

MTQ_korpri_-lebong
Bupati Lebong saat membuka MTQ Korpri ke III tingkat Kabupaten Lebongtahun 2016.

TUBEI,BE – Bupati Kabupaten Lebong H Rosjonsyah SIP MSi secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri (Korps Pegawai Negeri) ke III tingkat Kabupaten Lebong, kemarin (22/3). Kegiatan ini berlangsung di Masjid Agung Sultan Abdullah.

Bupati Lebong, H.Rosjonsyah SIP MSi dalam sambutannya menyatakan, mendukung penuh kegiatan tersebut. Bahkan melalui seleksi qoriah ini, bagi yang terbaik akan mewakili Kabupaten Lebong ke tingkat provinsi dan nasional. Apalagi tahun 2017 Kabupaten Lebong ditunjuk Oleh Provinsi menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Bengkulu. Menindaklanjuti hal tersebut Pemda Lebong akan mempersiapkan semua yang berhubungan dengan persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang akan diselengarakan di Kabupaten Lebong.

“Untuk seluruh fasilitasnya kita siap, hanya saja masih ada beberapa yang perlu kita renovasi untuk kelancaran pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi 2017 mendatang,” ucap Rosjonsyah
MTQ kali ini bertemakan Melalui MTQ wujudkan peran Korpri menuju birokrasi yang bersih berwibawa dan bermartabat sesuai tuntunan Al Qur’an dalam kehidupan berangsa dan bernegara.
Sekda Lebong Mirwan Effendi SE MSI selaku ketua Korpri melalui Ketua Pelaksana Asisten III, Drs Dalmuji Suranto dalam laporannya menyampaikan, kegiatan MTQ yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Lebong ini sudah menjadi program Korpri. Namun sayangnya, masih kesadaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengirim peserta dalam mengikuti seleksi minim.

“Kita akui sejauh ini para SKPD masih minim mengirimkan peserta. Padahal kita menyampaikannya sudah jauh-jauh hari, tapi nyatanya masih ada SKPD yang belum mengirimkan peserta,” kata Dalmuji.

Dijelaskan Dalmuji, kegiatan seleksi MTQ ini, merupakan persiapan pemerintah daerah dalam rangka mempersiapkan utusan Kabupaten Lebong untuk menjadi peserta MTQ tingkat Provinsi. Selanjutnya dilakukan seleksi untuk mengikuti MTQ tingkat nasional. Untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ini dilaksanakan selama dua hari sejak hari ini (kemarin, red). Untuk peserta kegiatan seleksi MTQ III Korpri Kabupaten Lebong terdiri dari 4 cabang lomba dengan jumlah peserta 54 orang. Terdiri dari cabang Musabaqah Tartil Alquran jumlah peserta 13 orang yang terdiri dari 9 peserta pria dan 4 peserta puteri. Dari jumlah tersebut 10 orang yang mewakili instansi. Kemudian yang kedua Musabaqah Tilawah Al-Quran jumlah peserta 21 orang yang terdiri dari 10 peserta pria dan 11 peserta putri, dari jumlah tersebut 15 peserta yang mewakili instansi.

Selanjutnya, Musabaqah Hifzh Alquran jumlah peserta 2 orang, yakni 1 peserta pria dan 1 peserta putri. Selanjutnya Musabaqah Dakwah Jumlah peserta 13 orang, 5 peserta pria dan 8 peserta putri, jumlah peserta yang mewakili instansi 8 peserta. Kelima Musabaqah Khat Alquran jumlah peserta 6 orang yakni 4 peserta pria dan 2 peserta putri, 5 orang diantaranya peserta yang mewakili instansi.

“Khusus untuk Musabaqah Hifzh Alquran tidak perlu diperlombakan karena pesertanya hanya 2 orang yakni 1 putra dan 1 putri. Jadi seleksi MTQ ini hanya 4 Cabang yang akan kita selenggarakan selama dua hari,” kata Dalmuji.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Sultan Abdullah itu diikuti peserta MTQ dan unsur SKPD dan FKPD Kabupaten Lebong. (777)