MoU Dukcapil dan RS Gading Medika, Anak Baru Lahir Bisa Langsung Dapat Akte Kelahiran

FOTO IMAN/BE – MoU Dinas Dukcapil Kota Bengkulu dan Rumah Sakit Gading Medika, di Kantor Dukcapil Kota, Senin (24/02).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Rumah Sakit Gading Medika, Senin (24/02) pagi, menggelar kerja sama atau MoU. Kerjasama ini dibentuk untuk mempermudah pelayanan kelahiran anak yang bisa langsung dibuatkan akta kelahirannya.

Tak hanya itu, si anak yang baru lahir nantinya langsung bisa mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan langsung dimasukan ke dalam kartu keluarga (KK).

” Jadi rumah sakit Gading Medika bersama Dukcapil mengadakan kerja sama. Jadi untuk bayi-bayi yang baru lahir di rumah sakit kami, itu sudah kami siap untuk pengurusan akte kelahiran, KIA dan kartu keluarga juga. Untuk sementara itu dulu kerjasama yang kami lakukan,” ucap Direktur RS Gading Medika, Dr Prionoto.

Ia menambahkan, mekanisme pelayanan pasien itu akan langsung diurus secara otomatis setelah didaftarkan oleh pihak rumah sakit tanpa biaya tambahan. Harapannya dengan adanya MoU ini dapat mempermudah masyarakat tak perlu repot lagi dalam mengurus identitas si bayi.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kota Bengkulu, Sudarto mengatakan, saat ini hampir semua rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu sudah menjalin kerjasama dengan Dukcapil. Hal itu diharapkan dapat mempermudah penerbitan berkas identitas anak.

“Saat ini hampir semua rumah sakit sudah bekerja sama dengan kita. Pokoknya jika syarat sudah lengkap, langsung kita terbitkan akta, KIA dan KK barunya,” ucap Sudarto. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*