Motor Wajib Masuk Bengkel Setelah Menerobos Banjir


 

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Banjir menggenangi sejumlah titik di Bengkulu pada Jumat (26/04/19) pagi sampai Minggu silam. Para pengguna sepeda motor pun terpaksa menerjang banjir untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari.

Hal tersebut sebenarnya berbahaya bagi pengendara dan juga komponen sepeda motor. Apalagi saat menerobos menggunakan sepeda motor. Banjir bisa mempengaruhi performa mesin kendaraan yang berisiko mogok, mati, bahkan rusak.

Setelah menerobos banjir, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Menurut Suwanto, Tech Service Sub Dept Head Astra Motor Bengkulu, risiko paling sering terjadi setelah motor dipakai menerobos banjir adalah masuknya air ke dalam mesin, sehingga oli mesin terkontaminasi air dan water hammer.

Oli mesin yang terkontaminasi dengan air menyebabkan komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan, sehingga menimbulkan keausan atau kerusakan dan mesin macet. Berikutnya yg perlu dicheck adalah komponen gear rantai untuk motor bebek dan sport, sedangkan untuk motor matic juga harus di-check dan dibersihkn CVT-nya dari air, pasir dan lumpur agar tidak terjadi slip dan menimbulkan keausan.

Water hammer adalah masuknya air ke ruang pembakaran, karena air sifatnya tidak bisa dimampatkan, maka ketika mesin dipaksa untuk dihidupkan, maka bisa menyebabkan bengkoknya piston dan pecahnya seher.

Jika terlambat mengetahui hal tersebut, selain sepeda motor rusak, otomatis biaya perbaikan juga akan berkali-kali lipat. Oleh karena itu, jangan menunda untuk ke bengkel jika motor usai menerobos banjir.

Untuk sepeda motor Honda, disarankan untuk datang ke AHASS (bengkel resmi Honda) sebagai dokter ahlinya motor Honda. Khusus konsumen wanita saat ini ada promo Kartini diskon jasa 21% atau gratis minyak goreng setiap servis lengkap dan ganti oli di AHASS.

Selain itu AHASS juga tanggap dan peduli terhadap korban banjir di Bengkulu dengan menyelenggarakan Servis Gratis Korban Banjir. Kegiatan itu dilaksanakan di 2 lokasi, yaitu di AHASS Daya Motor Rawamakmur, dan Tanjung Agung, Sukamerindu. Selain itu gratis oli mesin, busi dan saringan udara untuk 300 motor. (ibe/rls)