Monyet Fotografer Guncang Lelang

monyet hobi motoLONDON – Dalam foto-foto tersebut, ada yang miring dan tidak fokus. Namun, satu set hasil jepretan seekor simpanse berbakat asal Rusia itu laku terjual hingga GBP 50 ribu (Rp 757 juta).

Hasil karya monyet pintar yang bernama Mikki tersebut menjadi salah satu koleksi yang terjual jauh di atas perkiraan dalam sebuah lelang di Sotheby, London, Rabu (5/6) waktu setempat. Beberapa gambar kabur Lapangan Merah, Moskow, menjadi bagian dari foto-foto hasil jepretan Mikki. Koleksi foto itu dibeli kolektor asal Rusia.

Mikki adalah salah satu penampil di Moscow Circus. Dia dilatih untuk memotret sejak 1990-an oleh seorang seniman konsep asal Rusia, Vilaty Komar dan Alexander Melamid.

Sejumlah foto Mikki yang dijepret pelatihnya juga ikut dijual. Pembelinya, yakni kolektor seni Rusia Kira Flanzaich, menyatakan bahwa foto-foto tersebut merupakan contoh yang baik tentang seni konseptual. “”Kadang, Anda berpikir bahwa binatang bisa memotret atau melakukan hal lain lebih baik daripada manusia,”” ucapnya.

Koleksi lain yang juga laku dengan harga wah adalah sebuah permadani langka asal Persia dari awal Abad 17. Harganya mencapai USD 33,7 juta (sekitar Rp 500 miliar). Sotheby House mengungkapkan, harga untuk permadani bermotif daun sabit itu tiga kali lipat lebih tinggi daripada yang terjual sebelumnya untuk sebuah karpet.

Karpet tersebut merupakan bagian dari koleksi yang diwariskan kepada Galeri Seni Corcoran pada 1926 oleh William A. Clark, seorang pengusaha dan senator AS asal Montana. Karpet termahal sebelumnya terjual USD 9,6 juta (Rp 145 miliar) yang dilelang di balai lelang Christie, London, pada April 2010. (AP/cak/c14/dos)