Monumen Fatmawati Diresmikan Tahun Depan

Monumen Fatmawati

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Peresmian monumen atau patung Ibu Negara Pertama Fatmawati akan diresmikan tahun depan. Peresmian itu bertepatan pada hari lahir Ibu Fatmawati pada tanggal 5 Februari. Panitia Keluarga Fatmawati, Dadang Mishal Yofthie SH MH mengatakan, pertimbangan itu sudah matang dan disepakati oleh semua keluarga Fatmawati.

“Memang rencananya akan diresmikan pada bulan Agustus ini, tapi keluarga memberikan pertimbangan untuk diresmikan saat hari kelahira beliau (Fatmawati,red),” ujar Dadang kepada BE, kemarin.

Diterangkannya, dalam rencana itu peresmian monumen Fatmawati itu akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi oleh anak-anaknya. Seperti Megawati Soekarno Putri, Guntur Soekarno dan anak-anaknya yang lainnya. “Nanti pak presiden yang akan meresmikannya,” tambahnya.

Untuk lokasi peresmian monumen itu sudah ditetapkanya, yaitu di simpang 5 Kota Bengkulu. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan rumah Fatmawati. Sementara patung kuda yang ada saat ini, direcanakan akan dipindah ke simpang empat Betungan Kota Bengkulu.”Kalau lokasinya sudah final di Simpang Lima,” papar Dadang.

Monumen Fatmawati saat ini sedang dilakukan pembuatan di Kota Bandung. Posisinya sudah hampir 80 persen jadi. Tinggal ada beberapa yang perlu direvisi, seperti kerudung Ibu Fatmawati yang harus dimundurkan dan sedikit diperlihatkan posisi kening Fatmawati. “Masih ada yang perlu direvisi,” terangnya.

Pembangunan Monumen Fatmawati dengan biaya CSR BUMN itu dengan tinggi 7 meter. Posisi Fatmawati duduk sembari menjahit bendara merah putih. Hal tersebut melambangkan bahwa Fatmawati sedang menjahit bendara merah putih pertama kalinya. “Posisinya duduk dan sedang menjahit,” ujar Dadang.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, monumen Fatmawati Soekarno akan menjadi ikon baru di Bengkulu. Saat ini pembuatan monumen ibu negara pertama yang sedang menjahit sang saka bendera merah putih hampir rampung. Memang rencananya, peresmian monumen Fatmawati ini akan dilakukan pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Fatmawati pada 5 Februari 2020.

“Peresmian rencananya akan dilaksanakan pada peringatan ulang tahun ibu Fatmawati tanggal 5 Februari tahun depan. Tapi nanti akan ada ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan di Simpang Lima Kota Bengkulu,” ujar Rohidin.

Lanjutnya, ini menjadi tonggak sejarah baru bagaimana Indonesia untuk menghargai dan mengapresiasi perjuangan Ibu Fatmawati. Monumen ini juga merupakan refleksi sejarah, bahwa tanah Bengkulu pernah melahirkan sosok perempuan yang memiliki peran sentral bagi berdirinya negara Republik Indonesa (RI). Lebih dari sekedar monumen, perjuangan Fatmawati ini juga sudah disampaikan kepusat agar dijadikan agenda 5 tahunan, ibu negara menjahit Merah putih di Bumi Rafflesia. “Kita ingin nanti, ibu negara bersama ibu-ibu gubernur seluruh Indonesia menjahit bendera lalu menggunakannya pada saat upacara kemerdekaan HUT RI,” pungkasnya. (151/Diskominfotik)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*