Mojorejo, Talang Lahat Masuk Dapil Lembak

CURUP, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong memasukkan Desa Mojorejo dan Desa Talang Lahat dalam mata pilih di Kecamatan Sindang Kelingi.   Padahal kedua desa itu, diusulkan dalam proposal pemekaran Kabupaten Lembak masuk ke dalam Kecamatan Selupu Rejang.

“Dalam data agregat penduduk yang kita peroleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Perda peralihan Desa Mojorejo dan Talang Lahat belum teregister di Kemendagri.   Jadi hingga saat ini masuk masuk mata pilih Kecamatan Sindang Kelingi,” ujar Ketua KPU RL Halid Saifullah, SH kepada Bengkulu Ekspress, Jum’at (28/12).

Dijelaskan Halid, tidak menjadi masalah jika mata pilih di dua desa tersebut masih masuk dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Sindang Kelingi, meski Halid menyadari kedua desa tersebut akan masuk ke wilayah Kabupaten Induk (Rejang Lebong) jika Lembak benar-benar menjadi kabupaten pada 2014 mendatang.

“Sepanjang belum penetapan mata pilih, akan kita akomodir yang sebenarnya. Namun kalau mata pilih sudah ditetapkan, masyarakat Mojorejo dan Talang Lahat masih bergabung di Sindang Kelingi,” tegas Halid.

Penetapan mata pilih, sambung Halid, akan mulai dilakukan pertengahan tahun 2013. Hanya saja penetapan mata pilih memiliki tahapan sebelum menjadi mata pilih tetap yang terdata secara nasional sebagai pemilih hak suara pada pemilihan umum.  “Lagipula pembagian daerah pemilihan (Dapil) masih belum dibahas lebih lanjut. Nanti akan kita lihat bagaimana keinginan teman-teman di partai politik sebagai peserta Pemilu 2014,” ungkap Halid. (999)