Mobnas Terlalu Banyak

1

TUBEI,BE – Jumlah kendaraan dinas di Kabupaten Lebong saat ini ternyata sudah mencapai sebanyak 624 unit. Jumlah itu dinilai sudah terlalu banyak dan tidak perlu ditambah lagi, bahkan harus dikurangi. Mengingat banyaknya Mobnas sangat memberatkan anggaran daerah untuk menbiayai operasional hingga perawatan Mobnas tersebut. Karena itu, DPRD Lebong meminta agar Pemkab Lebong untuk segera menghapus sebagian kendaraan dinas yang sudah tidak layak karena danggap hanya sekedar memberatkan anggaran daerah saja.
“Kalau kita lihat saat ini di Lebong jumlah kendaraan dinasnya sudah sangat banyak. Banyaknya kendaraan dinas ini jelas sangat memberatkan anggaran daerah, karena itu keberadaannya perlu untuk dikaji kembali,” ungkap anggota DPRD Lebong, H Sudirman SMhk
Selain itu, banyaknya kendaraan dinas ini diyakininya belum sepenuhnya meningkatkan kinerja aparatur penyelenggara pemerintah di Kabupaten Lebong. Apalagi, hingga saat ini masih banyak warga yang mengeluhkan belum optimalnya pelayanan masyarakat yang dilakukan.
“Kalau memang sudah tidak layak lagi digunakan dan justru memberatkan anggaran karena besarnya dana operasionalnya lebih baik dihapus atau dilelang saja,” singkatnya.
Tokoh pemuda Lebong, Sukamdani MPdI pun mengomentari mengenai banyaknya kendaraan dinas yang dimiliki Pemkab Lebong, termasuk kendaraan yang digunakan oleh anggota DPRD Lebong. Dijelaskannya, hanya di Kabupaten Lebong para anggota DPRD difasilitasi kendaraan dinas satu persatu, bahkan satu anggota memiliki lebih dari satu kendaraan dinas.
“Ya saya setuju untuk pengurangan jumlah kendaraan dinas. Kendaraan dinas untuk anggota dewan sata sangat berlebihan. Nah seharusnya anggota dewan yang terhormatlah yang harus memberikan contoh dari awal ini. Saya rasa Sekretariat DPRD dan anggota dewan 25 orang itu paham akan aturan kendaraan dinas yang sepantasnya dimiliki anggota dewan. Hasrusnya anggota DPRD sadar kalau jumlah mobil mereka itu melebihi batas,” tegas Sukamdani.(777)