Mobnas Camat Pakai STNK APV

SELUMATAIS, BE – Keseriusan Pansus Aset DPRD Seluma melakukan pendataan terhadap aset milik pemkab Seluma membuahkan hasil.
Diantaranya adalah adanya indikasi pengelembungan pembayaran pajak pada kendaraan dinas milik camat se-Kabupaten Seluma. Indkasi tersebut juga terlihat dari fisik kendaraan yang dipergunakan sejumlah camat tersebut, Dalam kenyataannya jika saat ini 14 kendaraan camat memiliki surat tanda nomor kendaraan(STNK) dengan jenis Suzuki APV, sedangkan realitanya jenis kendaraan dinas camat ini adalah carry Futura berwarna merah. Sehingga pansus Aset meminta Pemkab Seluma mempertangungjawabkan hal itu dengan mengeluarkan administrasi kendaraan yang sesuai dengan kenyataannya.
“Ini merupakan bentuk dari pengelembungan pajak kendaraan, dan saat ini hanya satu permintaan kita jika pemda seluma juga harus mengubah sejumlah STNK dengan jenis yang sesuai dengan kendaraan yang ada,” terang Ketua Pansus Aset DPRD Seluma, Junaidi SP.
Sementara itu, data yang berhasil dihimpun, beberapa tahun belakang pajak kendaraan milik camat telah dikelola oleh Bagian Umum Pemkab Seluma dan ini juga menjadi tanggung jawab dari pihak Bagian Umum dalam pengurusan sejumlah aset kendaraan berupa mobil dan motor dinas yang ada di Kabupaten Seluma tersebut,” Namun memasuki pertengahan tahun 2012 lalu jika pajak kendaraan yang ada dan motor dikembalikan ke SKPD dan instansi yang mempergunakan kendaraan tersebut. Serta diharapkan dapat mempermudah dalam pembuatan administrasi pajak.
Sementara itu, dari keterangan salah seorang Camat Seluma Barat Adiman SH, mengutarakan jika pada tahun pertama pengelolaan pajak kendaraan dinas yang dipergunakannya mencapai Rp 2 juta, mengingat pihaknya hanya membayar pajak sesuai dengan tertera pada STNK yang ada, namun kendaraan yang dipergunakan jenis carry Futura tahun 2004.
“Ya tidak ada kata lain kita membayar sebesar apa yang tertera di STNK saja. Diharapkan Pemda Seluma dapat menindaklanjuti hal ini,”terangnya.
Terpisah, Wakil Bupati Mufran Imron SE mengutarakan, temuan ini akan ditindaklanjuti dengan segera menertibkan dan akan mengeluarkan surat-surat baru. Namun terlebih dahulu akan dilakukan koordinasi dengan Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH.
“Satu-persatu akan kita selesaikan. Nantik barulah kita menindak lanjutiakan STNK yang tak sesuai dengan kendaraanya dan saya juga akan melaporkan ini ke Bupati,” terangnya.(333)