Mobnas Bantuan KPDT di Seluma Banyak Rusak

Jefryy/BE – Salah satu kendaraan dinas PUPR yang masih terawat.

TAIS,BE – Sebagian besar seluruh kendaraan dinas roda empat bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi(KPDT) 2013, sudah mengalami kerusakan. Mobil yang sudah dibagikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) ini sudah tidak bisa difungsikan lagi.

“Memang pada 2013, bidang Perhubungan ada membagikan mobil dinas untuk kades. Ternyata saat ini sudah rusah dan terparkir di kediaman mantan kades,” tegas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang(PUPR) M Syaifullah St kepada BE.

Ditambahkan, dari inventaris pengelola barang di PUPR membenarkan jika sebagian besar kendaraan dinas jenis bilik double dan single kabin sudah rusak dan telah terparkir. Sedangkan, untuk perawatan kendaraan dinas tidak dialokasikan melainkan pengguna harus bertanggung jawab.

“Kita tidak ada anggaran untuk perawatan, tapi penggunaan yang bertanggung jawab,” sampainya.

Dicontohkan, saat ini satu unit kendaraan hilux single kabin yang sudah rusak di kediaman mantan Kades Pasar Seluma. Mobil itu membutuhkan anggaran untuk perbaikannya. Sudah terhitung dua tahun terakhir kendaraan tersebut rusak dan tidak diperbaiki. Mobil itu dikembalikan ke tangan kades terpilih.

“Anggaran tidak ada termasuk untuk menarik kendaraan dari mantan kades,” ujarnya.

Selain tidak ada anggaran, PUPR juga kewalahan dalam penarikan kendaraan yang sudah rusak. Mengingat, kendaraan tersebut saat ini rusak parah. Sedangkan, pendataan aset diberikan ke Perkim yang membidangi yang mengharuskan menyertakan fisik. Namun tidak bisa lantaran kendaraan sudah rusak dan berada di kediaman kades.

“Perkim tidak mau menerima pengelolaan aset mobil dinas KPDT, dengan alasan harus menyertakan fisik kendaraan,” tegasnya.(333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*