Mobile JKN Solusi Pelayanan di Saat Penerapan Social Distancing

Narasumber : Yunita

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Penerapan Social Distancing yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia saat ini dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19 atau lebih di kenal dengan nama Corona tentunya telah membuat beberapa aktivitas tatap muka masyarakat menjadi terbatas. BPJS Kesehatan selaku salah satu pemberi layanan publik kepada masyarakat berupaya untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS dengan menerapkan Social Distancing melalui pemanfaatan teknologi aplikasi Mobile JKN. Dengan aplikasi tersebut peserta yang membutuhkan pelayanan Program JKN-KIS dapat diakomodir dengan aplikasi ini antara lain Pendaftaran Peserta Baru, Update Data Peserta (termasuk mengubah fasilitas kesehatan), Kartu Kepesertaan Digital, Kanal Informasi dan Penyampaian Pengaduan peserta.

Yunita (26) adalah salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari aplikasi tersebut. Wanita yang tinggal di daerah Padang Serai ini mengatakan bahwa jarak dari rumahnya ke Kantor BPJS Kesehatan cukup jauh sehingga apabila hendak mau mengurus perubahan data lumayan menyita waktu dan tenaga. “Saat ini dengan makin mewabahnya virus corona di wilayah Bengkulu itu membuat saya khawatir keluar rumah dan lebih memilih untuk tidak keluar apabila tidak penting sekali seperti membeli kebutuhan makanan atau masalah yang mendesaku,” ujar Yuni (08/4).

Yuni mengatakan dengan aplikasi mobile JKN ini banyak informasi yang dapat diperoleh terkait Program JKN-KIS serta hal-hal yang dapat dilakukan. “Waktu itu saya mau mengganti fasilitas kesehatan tingkat pertama saya karena saya sempat pindah rumah, karena beberapa bulan ini memang sedang wabah corona dan di anjurkan untuk tetap dirumah maka saya memindahkan fasilitas kesehatan saya memakai Mobile JKN, cukup praktis dan mudah,” kata Yuni.

Yuni pun mengatakan melalui Mobile JKN dirinya juga dapat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN. “Informasi yang disampaikan melalui mobile JKN cukup lengkap, saya bisa mengetahui ketentuan-ketentuan menggunakan Program JKN ini secara umum, alamat fasilitas kesehatan terdekat, info tagihan bahkan bisa mengetahui berapa jumlah tempat tidur yang tersedia di rumah sakit melalui aplikasi ini,” tutup Yunita. (RW/dw)