Mobile Jkn, Aplikasi Super Praktis Di Era New Normal

Narasumber : Sunardi

Kepahiang, Bengkuluekspress.com – Memasuki era New Normal di tengah pandemi virus Covid-19 yang saat ini masih meresahkan seluruh penduduk di seluruh penjuru dunia, mau tidak mau memaksa setiap orang untuk lebih peduli terhadap faktor kesehatan diri sendiri, keluarga maupun orang-orang di sekitarnya. BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang diamanatkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) turut serta membantu pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“BPJS Kesehatan menyediakan banyak opsi untuk pelayanan informasi bagi peserta kita. Diantaranya bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau yang paling mudah bisa mengakses melalui aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh melalui smartphone masing-masing. Juga sekarang BPJS Kesehatan berinovasi dengan memberikan informasi melalui aplikasi pesan yang disebut dengan Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Voice Interactive JKN (VIKA) yang bisa diakes melalui aplikasi Whatsapp dan aplikasi Telegram,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup Wely Trisna Aprinanda.

Wely juga mengungkapkan kemudahan dalam penggunaan aplikasi Mobile JKN.

“Kita bisa katakan bahwa fitur-fitur layanan yang disediakan juga banyak sekali. Diantaranya pendaftaran untuk peserta baru, pengecekan tagihan iuran serta pembayaran. Untuk pelayanan kesehatan banyak sekali fiturnya, diantaranya kita bisa mengambil antrean elektronik sebelum pergi ke FKTP yang kita pilih, ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan, skrining riwayat kesehatan, riwayat kesehatan, jadwal tindakan operasi serta penggantian FKTP yang bisa dilakukan tiga bulan sekali. Untuk yang terbaru aplikasi kita menyediakan menu skrining mandiri Covid-19 dan juga konsultasi dokter. Semuanya ini disediakan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN.” ujarnya.

Sunardi (58) merupakan salah seorang peserta JKN-KIS yang mengakui kemudahan dalam penggunaan aplikasi Mobile JKN (30/7).

“Untuk orang tua seusia saya, mestinya sudah repot menggunakan aplikasi Mobile JKN ini tetapi ternyata aplikasi ini cukup praktis. Hanya agak kesulitan sewaktu login pertama kali, tetapi ada anak saya yang membantu jadi tidak masalah lagi. Selain banyak sekali layanan yang bisa dimanfaatkan. Tapi yang paling bermanfaat bagi saya yaitu fitur kartu elektroniknya ya. Jadi untuk ke depannya saya kalau mau berobat tidak perlu cari-cari kartu lagi. Semuanya sudah ada di handphone, jadi praktis sekali. Mantap sekali BPJS Kesehatan.” ujarnya. (RW/ds/adv)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*